oleh

Wahidin Porang : Dengan Sinergitas Semua Pihak, Musrembangdes di Kecamatan Blangpegayon Berjalan dengan Baik

Camat Blangpegayon, Wahidin Porang menyapaikan arahannya pada saat musrembangdes

GAYO LUES RADARNEWS-“Alhamdulillah acara Musrenbangdes Tahun 2021 dan RKPDes Th 2020 di Kecamatan Blangpegayon berjalan dengan baik, semua berkat adanya sinergitas antara Kepala Kampung ,Perangkat Kampung, BPD, LPMD dan masyarakat”, demikian disampaikan Camat Blangpegayon, Wahidin Porang kepada media ini, Minggu (3/1/20).

Walaupun ada perbedaan pendapat ketika melaksanakan musrembangdes, menurut Wahid yang namanya musyawarah tentu pasti ada perbedaan pemikiran, namun melalui mupakat semua perbedaan tersebut dapat disatukan, dengan tujuan yaitu demi memajukan Kampung.

“Musrembang ini merupakan salah satu upaya bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan problem yang ditemukan oleh karena itu, Musrembangdes identik dengan diksusi di masyarakat Kampung tentang kebutuhan pembangunan daerahnya masing- masing”, ujar Camat Itu.

Dijelaskannya, musrenbang merupakan agenda tahunan, di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, tentunya dibawa ke kecamatan selanjutnya Musrenbang Kabupaten dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

“Biasanya musrembang di kampung dilaksanakan pada awal tahun yaitu bulan janwari”, katanya.

Dalam musawarah ini berpartisipasi masyarakat sangat diperlukan, karena kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan.

 

 

News Feed