oleh

Wabup Buka Acara Kajian dan Advokasi MoU Helsinki dan UUPA

GAYO LUES RADARNEWS- Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani Membuka Acara Kajian dan Advokasi MoU Helsinki dan UUPA. Acara tersebut berlangsung di Ruang Oproom Setdakab Gayo Lues. Pada Jumat (14/06/2019).

Said Sani dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa,”Selamat datang Kami untuk kepada Tim provinsi yang telah hadir. Saat ini, perkembangan informasi yang semakin pesat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap politik bangsa. Dengan puncak beberapa daerah menginginkan berpisah dari NKRI dengan alasan ketidakadilan. Hal tersebut sama dengan yang pernah dialami Pemerintah Aceh beberapa tahun yang lalu. Namun hal tersebut diperbaiki dengan penerapan Otonomi Khusus terhadap beberapa Daerah, dan salah satunya adalah Aceh. Dalam Otonomi Khusus Ada berapa kelebihan Aceh dalam UU No 11 tahun 2006 diantaranya pelaksanaan syariat Islam, penerapan adanya wali Nanggroe, pengesahan lambang daerah, pengembangan parpol lokal, dan sebagainya. Dengan berkaca ke Undang Undang tersebut kita bisa melihat dan menilai, perkembangan dan fungsi otonomi khusus terhadap Aceh, serta dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat. Tentunya diperlukan mengkaji ulang kembali MoU dan menerangkan langkah hukumnya. Dengan acara ini kita harapkan dapat memberikan manfaat untuk menjaga situasi Aceh tetap kondusif hingga bisa menjadi Aceh hebat dan bermartabat serta bersyariat.” Kata Said Sani.

Dalam kesempatan yang sama ketua Tim Pengkajian dan Advokasi MoU dan UUPA, Sanusi juga memberikan sambutannya. “Kami tergabung dalam Tim Pengkajian dan Advokasi MoU Helsinki dan UUPA. Tim ini dibentuk untuk meneliti sejauh mana perkembangan dan dampak dari MoU Helsinki dan UUPA di berbagai daerah di Wilayah Aceh. Dalam kajian ini nantinya akan diketahui sejauh mana dampak MoU Helsinki dan UUPA di daerah. Kajian ini nantinya diawali dengan pengambilan sampel penelitian dengan cara mengisi lembaran kuisioner dengan cara menceklis di kolom yang tersedia. Dengan langkah ini nantinya kita berharap akan ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk tujuan yang lebih baik.” Kata Sanusi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed