oleh

Untuk Persiapan Idul Fitri Harga Daging Bisa Dicicil

Lokasi desa Rerebe/ Dok Rabumin

GAYO LUES RADAR NEWS– Hampir disetiap daerah harga daging menjelang lebaran selalu naik, termasuk di Kabupaten Gayo Lues. Bagaimana tidak, karena Lebaran adalah momen berkumpulnya keluarga, di mana sanak saudara yang merantau juga akan pulang kampung. Kehangatan ini semakin dimeriahkan dengan sajian masakan daging sapi ataupun daging kerbau di meja makan.

Kalau harga daging selalu naik mendekati lebaran, tentu Masyarakat akan merasa terbebani, belum lagi harga kebutuhan yang lain harus di beli, daging juga tak kalah penting disajikan pada hari yang istimewa itu.

Menghadapi kondisi seperti ini Masyarakat Kabupaten Gayo Lues memiliki tradisi untuk menyiasatinya, seperti halnya yang diterapkan oleh Masyarakat Desa Rerebe Kecamatan Tripe Jaya Kabuapten Gayo Lues.

Atas dasar kesepakatan. Penduduk di Desa Rerebe menyembelih 2 (dua) ekor kerbau untuk persiapan Hari Raya, hewan ternak ini dipilih dan di beli oleh masyarakat secara bersama-sama dari penduduk setempat.

Cara pembayaranya bisa langsung tunai dan bisa juga dengan cara dicicil kepada pemilik kerbau bagi keluarga yang kurang mampu, pola seperti ini mereka terapkan untuk menunjukan rasa solidaritas masyarakt di Desa tersebut agar mereka secara merata bisa mendapatkan daging.

Hewan ternak yang disembelih dagingnya akan dibagi rata sesuai yang terdaftar pada panitia penyembeliahan, tentu daging yang didapat sangat sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan.

Menurut Rahman Aman Bintang, salah satu masyarakat Rerebe menjelaskan, kebiasaan untuk memperoleh danging dengan cara seperti ini sudah menjadi tradisi secara turun temurun hingga saat ini.

“Masyarakat merasa puas mendapatkan dagingnya karena disaksikan secara langsung pola pembagian daging tersebut” katanya.

Lebih lanjut dijelaskanya, cara yang demikian juga sangat membantu masyarakat untuk memperoleh daging menjelang lebaran, selain bisa dicicil, harganya juga lebih ekonomis bila dibandingkan dengan harga dipasaran (RED/RB).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed