oleh

Untuk Penghijauan Pemkab dan Forkopimda Tanam Pohon Pinus 

GAYO LUES RADARNEWS –Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru bersama Forkopimda, masyarakat, Pramuka dan Mahasiswa ikut melakukan penanaman bibit pohon pinus di Stadion Pacuan Kuda Buntul Nege, Selasa (14/1/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program Polisi Republik Indonesia “Peduli Penghijauan” yang digelar Polres Gayo Lues.

Sebelum dilakukan penanaman pohon, kegiatan diawali dengan Apel persiapan penanaman pohon yang digelar di Stadion Pacuan Kuda Buntul Nege, Blangsere, yang dipimpin langsung oleh Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru.

Bupati menyampaikan sangat mengapresiasi dan mendukung program yang dicanangkan oleh Kapolri. Menurutnya hal ini patut dilakukan oleh seorang pemimpin dengan harapan mendorong masyarakat agar memiliki kepedulian yang sama terhadap lingkungan.

Namun kata Bupati, jauh sebelumnya hal ini telah gencar dicanangkan Pemkab Gayo Lues , tentang sadar lingkungan dan jangan sembarang menebang pohon serta tingkatkan kegemaran menanam. “Jauh sebelumnya kita sudah memprogramkan dana sebesar Rp.50.000.000 per desa untuk melakukan penghijauan dari dana desa,” kata Amru.

Sementara, Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani menyebutkan, dengan dilakukannya penanaman pohon pinus agar terus dijaga kelestariannya serta dapat tumbuh dengan baik.

Selain itu, Said Sani juga menghimbau kepada petani sere wangi yang menggunakan kayu bakar dari pohon pinus, agar dapat menjaga kelestariannya, dengan menebang satu pohon diganti menanam sepuluh pohon.

“Ini yang harus kita perhatikan, karena yang menerima dampaknya adalah masyarakat sendiri, kalau bukan kita yang menjaganya siapa lagi,” sebut Said Sani.

Selain itu, Ketua DPRK Gayo Lues, H Ali Husin, sangat mendukung program penanaman pinus, salah satu bentuk dukungan dari DPRK terhadap lingkungan adalah dengan menyetujui Anggaran Pendapat Belanja Desa (APBdes) sebesar Rp.50.000.000 untuk penghijauan kampung. “Kita tetap mendukung untuk pelestarian lingkungan,” sebut Ali Husin.

Ia juga menyarankan kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk selalu menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon pada tempat yang dianggap tandus, jika memungkinkan tanamlah pohon sesuai dengan kondisi alamnya.

Menambahkan, Kapolres Gayo Lues, AKBP Rudi Setiawan, mengatakan, program penghijauan ini adalah program dari Kapolri, namun sebelumnya, Polres Gayo Lues juga sudah melakukan penghijauan pada bulan Oktober lalu dengan menanam tanaman buah – buahan.

Dipilihnya Stadion Buntul Nege untuk titik lokasi penanaman pohon pinus, dikarenakan lokasi tersebut sangat gersang,” kalau pohon pinus kita tanam disini secara teratur, rasanya terlihat indah,” ujarnya.

Sedangkan mengenai pemeliharaan akan dilakukan oleh anggota Polres dengan dibantu Pemerintah Daerah,” anggota Polres akan merawatnya karena dekat dengan kantor, kemarin bapak Bupati juga sudah menyampaikan akan membantu untuk proses penyiraman air pagi dan sore,” tandas Kapolres.

 

News Feed