oleh

Tim Pengawas Orang Asing Gelar Rapat


GAYO LUES RADAR NEWS- Tim pengawas orang asing untuk wilayah Kabupaten Gayo Lues mengadakan rapat yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas III Takengon, yang bertempat di Aula Rumah Makan Nusantara Jl. Pasar Lama no.100 Kota Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Jum’at (27/04/18).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh PLH Kepala Sub Seksi Insarkomwasdakim Imigrasi Takengon Yusuf, Amd.Im,S.H,
Kepala Urusan Tata Usaha Imigrasi Takengon Ruchdiyah Hutama, SH
Kepala Kesbangpolinmas Gayo Lues Samsudin, SH, Pasi Intel Kodim 0113/GL Lettu Kav Parji, Kasi Intel Kejaksaan Blangkejeren Dedi Syahputra, Bais TNI wilayah Blangkejeren Kapten Bayu.
Para Camat SeKabupaten Gayo Lues. Unit Pengawas Orang Asing Polres Gayo Lues Brigadir Sapwandi, Perwakikan KPH Siti Hasnah, Kabid Data Dukcapil Alhuda

Yusuf, Amd.Im, S.H PlH Sub Seksi Insakomwasdakim Imigrasi Kelas III Takengon dalam sambutanya mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Upaya Peningkatan Pengawasan Keberadaan dan Kegiatan Orang Asing di Wil Kab Gayo Lues serta guna sinergitas dan tukar menukar Informasi antar Instansi Tim Pengawasan Orang Asing.

Tim Pora bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi dan atau lembaga pemerintahan terkait mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing.

Menyampaikan UUD pasal 71 dan 72 uu No. 6 Tahun 2011 Tentang Kewajiba Orang Asing Di Indonesia. Serta Menyampaikan Tentang UU No. 6 Tahun 2011 Pasal 1 dan Ayat (1) menyatakan

“Keimigrasian adalah hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah indonesia serta pengawasanya dalam rangka menjaga tegaknya Kedaulatan Negara” PungkasNya

Menyampaikan Aturan Tentang TKI Non Prosuderal dan tindak Pidana Perdagangan  Orang, Pembuatan Aplikasi Pelaporan Orang Asing yang dapat di akses oleh petugas Hotel, Penginapan, tempat Kos dan Villa serta Masyrakat yang mengetahui.

Adapun Beberapa Point masalah yang di sampaikan dalam Kegiatan Tersebut yang disampaikan oleh PLH ini diantaranya Kurangnya Informasi tentang pengertian dan Kegunaan Visa dan Pasport yang di gunakan oleh Orang Asing yang berada di Indonesia Khususnya Gayo Lues.
Adanya Orang Asing yang datang Kewilayah Blangkejeren tidak Mau Menunjukan Identitas Diri,
Belum adanya Perwakilan Imigrasi di Wilayah Blangkejeren. Aplikasi Pelaporan Orang Asing Yang sudah ada Harus di Sosialisasikan.

Kegiatan Rapat Tim Pora Kabupaten Gayo Lues di laksanakan Untuk mempermudah Pelaporan dan Masalah yang Melibatkan orang Asing yang datang Ke kabupaten Gayo Lues.
Kurangnya tenaga Perwakilan Imigrasi untuk Wilayah Kab. Gayo Lues sehingga Masalah yang yang terjadi menjadi terlambat di tangani. (RED).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed