oleh

Tak Salah, Gayo Lues Dijuluki Negeri Seribu Hafiz

Santri asal pining hapal Ayat Suci Alquran di hadapan para gurunya

GAYO LUES RADARNEWS- Selain dijuluki negeri seribu bukit, tak salah juga jika Gayo Lues disebut sebagai negeri seribu Hafiz, sebab saat ini jangankan siswa SMP dan setingkat SLTA, cukup banyak pelajar setingkat Sekolah Dasar (SD) pun sudah bisa menghafal Al-quran, meskipun masih beberapa juz, namun tidak jarang juga yang sudah mampu menghafal hingga 30 juz.

Di pondok pesantren, dayah dan tak terkecuali para penghafal kalam ilahi itu juga dapat dijumpai di sekolah-sekolah umum. Seperti baru-baru ini, sempat piral di media sosial Youtube yang dibagikan akun Baranews Aceh, seorang bocah dari SD N 2 Pining Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues terlihat dalam sebuah vidio berdurasi 3 menit 21 detik siswa itu dengan suara merdu melantunkan ayat suci Al-Quran didepan para gurunya.

Dengan kemunculan para Hapiz dan hapizah kian menjamur hingga ke pelosok daerah di bumi lembah leouser ini, menjadi jawaban dari Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati H. Muhammad Amru-Said Sani menuju Gayo Lues yang Islami yang dulunya semapat digaungkan. Tentu ini semua tidak terlepas dari upaya pemerintah telah mengampanyekan pengajiaan bagi anak usia dini, remaja, dan juga dewasa di sekolah, menasah atau masjid-masjid.

Melahirkan seribu generasi hafiz dan hafizah yang mampu menghafal Al-quran hingga 30 juz, memang sebelumnya sudah menjadi target Pemkab Gayo Lues, bahkan pemerintah setempat sudah mengandeng berbagai pihak untuk terus bersinergi demi pencapaian itu.

Dengan kemunculan para Hafiz dan Hafizah ini menjadi bukti bahwa minat generasi muda Gayo lues untuk menjadi generasi Qurani sudah mulai tertanam, terlebih pemerintah juga telah memberikan dukungan dan motivsi seperti mengelontorkan besiswa untuk santri Hafiz non bording kepada ratusan orang santri

Dengan adanya bantuan yang diberikan pemerintah dijadikan sebagai motivasi para hafidz non boarding yang ada disekolah-sekolah supaya terus meningkatkan hafalannya.

 

 

 

 

 

News Feed