oleh

Sembuh Dari Covid-19, Santri Asal Putri Betung Dipulangkan

 

SN mengenakan baju batik didampingi Bupati Gayo Lues

Liputan : Syukri

GAYO LUES RADARNEWS– Setalah dilakukan test Swab sebanyak dua kali terhadap santri asal Putri Betung inisial SN (18 tahun ) yang sebelumnya terpapar Covid-19 sudah dinyatakan sembuh dari wabah ini dipulangkan ke kampung halaman desa Singah Mulo Kecamatan Putri Betung.

Pemulangan dilakaukan oleh tim gugus Kabupaten dari sekertariat gugus tugas Bale Musara Kota Blangkejeren, yang langsung dihadiri Ketua Tim yaitu Bupati setempat H.Muhammad Amru didampingi Wabup H.Said Sani, Sabtu (16/5).

“Sebelum dikembalikan ke Kampung halaman, remaja asal Putri Betung itu dirawat di Rumah Sakit Umum Muhammad Ali Kasim Gayo Lues. Usai dilakukan test Swab sebanyak dua kali terhadap bersangkutan hasilnya sudah negatif”, demikian disampaikan Jubir gugus tugas dr, Safwan, Sp. B.

Kendati sudah sembuh, dr Safwan mengharapkan agar SN tetap menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, serta tetap mematuhi protokol kesehatan supaya tidak kembali terinfeksi wabah covid-19.

Safwan menjelaskan, di Gayo Lues pihaknya menangani pasien covid sebanyak dua orang dari kecamatan Putri betung, keduanya dapat disembuhkan. Covid yang menyerang pasien merupakan wabah impor sehingga tidak menular kepada orang terdekat pasien.

Karena alasan itu juga, hingga saat ini di Kecamatan Putri Betung tidak dilakaukan tranmisi lokal, sebab salah satu kereteria transmisi lokal, dapat diartikan sebagai kasus infeksi yang terjadi antar masyarakat dalam suatu wilayah.

Agar tidak terjadi tranmisi lokal, Safwan berharap agar seluruh masyarakat Gayo Lues selalu mematuhi himbauan pemerintah.

Terkait persoalan rapid test terhadap semua warga dusun siongal-ongal desa singah mulo, tempat asal SN, (pasien yang dipulangkan,) pihaknya tetap komitmen dengan rencana awal, akan melakukan rapid tes terhadap warga setempat, namun waktunya belum bisa dipastikan, mengaingat masih ada masalah teknis yang belum terselesaikan.

“Alat rapid test yang dipesan sudah sampai, untuk warga siongal-ongal tetap akan kita lakukan rapid test namun jadwalnya belum ditentukan “, tutur Safwan.

Selanjutnya, Ketua tim gugus tugas, Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru menambahkan semua usaha yang dilakaukan pihak kesehatan baik provinsi atau daerah dalam menagani pasien yang terpapar, merupakan sesuata hal yang patut diafresiasi

“Terimakasih kepada Dinkes Provinsi, Tim tugas Gayo Lues. Setelah dua bulan bencana covid mewabah, sudah dua orang warga Gayo Lues terinfeksi dan mereka sudah dapat disembuhkan, ini semua berkat usaha yang sudah dilakukan oleh semua pihak”, katanya.

Bupati Amru berharap kepada masyarakat, agar yakin terhadapa penanganan Tim, bahwa pasien yang terpapar sudah betul-betul sembuh. Masyarakat harus menghindari prasangka negativ dan menghilangkan rasa curiga supaya tidak menimbulkan gesekan sosial di tengah kehidupan masyarakat.

Kepada warga yang akan masuk Kabupaten Gayo Lues Bupati juga mengharapkan agar tetap berperilaku jujur kepada tim gugus ataupaun kepala desa tentang kondisi kesehatan pisik mauapun riwayat perjalanan, tujuanya agar petugas dapat bekerja maksimal.

Untuk warga Gayo Lues dihimbau Bupati supaya tetap mengindahkan intruksi pemerintah dalam hal mencegah covid, jika protokol kesehatan tetap dilakaukan, Persoalan Covid di Gayo Lues akan segera berakhir.

 

 

 

News Feed