oleh

Sejumlah Ibu Rumah Tangga Ikuti Pelatihana Diversifikasi Pangan

GAYO LUES RADARNEWS- Sejumlah Ibu Rumah Tangga (IRT) mengikuti pelatihan Diversifikasi (Menganeka ragaman) pangan tingkat rumah tangga. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Gayo Lues di Aula dinas setempat, Senin (14/10).

Peserta pelatihan merupakan pengurus anggota kelompok Wanita Tani dari 10 kelompok yaitu dari kecamatan kutapanjang, kecamatan dabun Gelang, kecamatan Blangkejeren dan Blangjerango. Pelatihan tersebut dibuka Kadis Pangan dan Perikana kabuapten Gayo Lues, diwakili Sekertaris Dinas Dedi Hamdani SP.

Disampaikan Dedi Hamdani Sp.tujuan pelatihan ini agar para peserta mampu mengelola dan serius menata lahan pekarangan dengan menanami beraneka ragam tanaman, untuk memenuhi kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga.

Kelompok wanita ini nantinya akan mendapat bantuan berupa bibit tanaman dari dinas pangan dan perikanan bersumber dari anggaran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), diharapakan penerima bantuan nanti bisa memanpaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Ibu-ibu yang sudah mengikuti pelatihan ini diharapkan mampu merangkul anggota kelompok dan mengola pekarangan, dilaksanakan dan disesuaikan dengan lahan yang ada” katanya.

Bila hasil tanaman berlebih, para ibu rumah tangga bisa menjualnya, sehingga dengan demikian bila sudah dikelola dengan baik, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tanga, perogram ini bisa menambah penghasilan dan mengurangi pengeluaran.

Menurut Dedi Hamdani, bahwa program KRPL ini sangat besar manfaatnya, sebab pangan adalah hak azazi manusia. Siapapun di dunia ini harus tersedia pangannnya, jika tidak, ini akan menjadi tanggunag jawab pemerintah.

Dijelaskannya lagi, Pangan sewaktu- waktu bisa juga dijadikan sebagai sarana politik, sebab jika tanpa pangan, bisa menimbulkan gejolak sosial, gejolak ekonomi, dan lain sebagainnya. dengan demikan Dedi Hamdani berharap bagi peserta pelatihan agar serius menjalankan program ini.(Syukri).

 

 

 

News Feed