oleh

Saman Gayo Selalu Eksis

Tari saman saat tampil menyambut Pangdam IM di kodim galus, Kamis (31/05/18)

GAYO LUES RADAR NEWS- “Saman” tari asli suku Gayo yang akrab disebut tari tangan seribu selalu eksis dimana saja, terian ini dimainkan tidak harus mengenal waktu dan tempat, tidak masalah bila ditampilkan pada malam atau siang hari, tidak meski dimainkan di atas pentas yang megah.

Tarian kebanggaan mayarakat gayo ini, juga selalu di tampilkan sebagai tarian penyambut tamu istimewa yang datang berkunjung ke negeri seribu bukit ini, tak lengkap rasanya bila seseorang berkunjung ke Gayo Lues bila tidak menyaksikan tari sama.

Di Gayo Lues penari samam dengan jumlah ganjil itu, salah satu groub sudah menjadi binaan Pemda setempat, tidak hanya di Gayo Lues, groub ini juga sering tampil di nusantara hingga sampai ke manca negara pada acara tertentu.

Penari saman binaan Pemda Gayo Lues ini, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat setempat, karena para penari memiliki ciri khas tersendiri yaitu seluruhnya berambut gondrong.

Masing-masing penari sudah sangat mahir memainkan gerakakan, jadi sudah tidak haren lagi bila mereka mampu menghipnotis para penonton yang menyaksikan (Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed