oleh

Ratusan Warga Gayo Lues Perbaiki Dokumen Kependudukan yang Bermasalah

Kabid PIAK Dukcapil Galus Rasyid Zakaria SH saat melayani salah satu warga yang memperbaiki dokumen kependudukan bermasalah

GAYO LUES RADARNEWS– Pasca dibukanya pendaftaran Calan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diseluruh Nusantara , tidak sedikit Masyarakat Gayo Lues memanfaatkan kesempatan ini mendaftarkan diri bagi mereka yang bisa memenuhi syarat yang ditetapkan oleh BKN sesuai pengumuman.

Terkait hal itu, supaya bisa ikut mendaftar tes CPNS, ratusan Masyarakat di Kabupaten Gayo Lues mendatangai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat dengan tujuan ingin memperbaiki Dokumen kependudukan yang selama ini bermasalah.

Dokumen yang diperbaiki Kata Rasyid Zakaria SH, Kepala Bidang Administrasi kependudukan (PIAK) yang melayani konsolidasi data dikantor Dukcapil menjelaskan, masyarakat yang datang rata-rata memperbaiki NIK KTP dan Nomor KK yang bermasalah.

“Smenjak dibukanya pendaftaran CPNS, sudah ratusan Masyarakat datang ke Dukcapil memperbaiki NIK KTP elektronik dan Nomor KK” sebut Rasyid Zakaria SH saat ditemui diruangannya Rabu (03/10/18).

Penyebab kesalahan ini, dijelaskan Kabid itu lantaran penduduk bersangkutan pindah tempat tinggal dan pindah kartu keluarga namun tidak melapor ke Dukcapil, sehingga akibatnya NIK ada yang dobel dan Nomor KK tidak sesuai denagn NIK KTP.

“Jadi kalau NIK KTP dan Nomor KK bermasalah, apa bila bersangkutan ingin mengurus sesuatu, baik pendaftaran CPNS atau yang lainnya seperti membuat BPJS tetap tidak mau diperoses” jelas Rasyid Zakaria SH.

Rasyid berharap, agar seluruh masyarakat Gayo Lues bila ingin memperbaiki dan menyelesaikan dokumen kependudukan yang bermasalah agar menghubungi perangkat Desanya masing-masing dan mengurus ke Dukcapil.

“Kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan baru mereka sedari setelah ada keperluan” tambah Rasyid.

Dihimbaunya kepada seluruh Masyarakat Gayo Lues apa bila ada yang dokumen kependudukannya bermasalah silahkan datangi Dukcapil untuk diperbaiki.

“Silahkan datang ketempat kami bagi masyarakt yang ingin memperbaiki KTP dan KK, atau dokumen lain yang bermasalah agar diperbaiki” himbaunya.

Untuk pengurusan dokumen tersebut kata Rasyid tidak dipungut biaya. (Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed