oleh

PPL Gayo Lues, Menjual Bibit Kopi Hasil Karya Sendiri

GAYO LUES RADARNEWS– Bagi petani Kabupaten Gayo Lues tentu sosok seorang Selamet tidak asing lagi dimata mereka, pasalnya peria ini sudah dua puluh tahun lebih mengabdi sebagai Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Setempat, hampir setiap kecamatan di Kabupaten Gayo Lues sudah dia jajaki sebagai tempat tugas.

Bila dilihat dari rekam jejak Selamat, sudah sepantasnya Penyuluh Pertanian PNS ini memiliki beragam pengetahuan di dunia pertanian, baik disegi budidaya ataupun menajemen pertanian.

Selain Menyuluh, Selamet juga memiliki kesibukan lain yaitu membuat pembibitan Tanaman kopi jenis Arabika untuk dijual. Ia termotivasi menjalankan usaha tersebut karena Kabupaten Gayo Lues menurutnya memiliki potensi untuk pengembangan tanaman kopi.

Bibit kopi yang diciptakan selamat memang khusus untuk dijual kepada siapa saja yang berminat membelinnya. Saat ini di kediaman Penyuluh itu tersedia Bibit Kopi Varietas Arabika, Jenis Gayo Satu Long berry dan jenis P88.

Alasan Selamet membibitkan jenis kopi tersebut berdasarkan beberapa faktor, diantaranya jenis tanaman kopi yang dua itu sangat sesuai dibudidayakan bila dipantau dari spesifik wilayah Gayo Lues.

Jenis kopi ini juga tahan terhadap babarapa jenis hama dan penyakit (HPT) tanaman kopi pada umumnnya, selain itu hasil produksi juga tinggi.

Walaupun belum disertivikasi, namun bibit kopi ini telah disortir Selamet terlebih dahulu diri Benih atau biji kopi yang sudah memenuhi syarat untuk dibudidayakan.

Bagi siapa saja yang ingin memperoleh tanaman hasil pembibitannya itu untuk ditanam, bisa langsung membelinya ke UD Berkah yang beralamat di Desa Penampaan Uken kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. (Syukri).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed