oleh

PPL dan Babinsa Mengambil Ubinan di Lahan Demplot Koramil Blangkejeren

GAYO LUES RADAR NEWS-Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Babinsa Desa Porang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues mengambil ubinan di lahan Demplot tanaman Padi binaan Koramil 03/Blangkejeren Kodim 0113/Gayo Lues Selasa (24/04/18).

Pengambilan Ubinan tersebut adalah cara untuk mengatahui perkiraan hasil panen tanaman padi melalui penentuan sampel, pengukuran dan penimbangan hasil tersebut disebut dengan metode Ubinan.

Jemali SP dan Nujum SP PPL dari Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues berserta Babinsa setempat Serda Sawon serta beberapa petani menganbilan ubinan dengan ukuran 2,5m x 2,5m, atau jika dihitung luasnya adalah 6,25m2. Per satu titiknya.

Tujuan pengambilan Ubinan tersebut untuk mengetahui perbandingan antara petakan sawah yang diperlakukan secara khusus menggunakan Pupuk Cair Bios 44 dengan mengunakan Pupuk kimia dan budidaya non perlakuan

Menurut keterangan Jemali, SP PPL Honor Daerah ini yang bertugas di Desa setempat menjelaskan, hasil ubinan yang diperoleh yaitu, 1(satu) petak sawah yang megunakan Bios 44  diambil umbinan berukuran 2,5×2,5 meter persegi ,jumlah rumpun rata rata 45 batang per rupun, antar baris18x15 rumpun, setelah ditimbang  mendapatkan hasil seberat 10 kg Gabah Kering Panen (GKP).

Kemudian di petak kedua memakai pupuk( Urea +NPK) meghasilkan 6 Kg GKP dengan jumlah 40 batang per rumpun dan jumlah antar baris 16×15 rumpun.

Selain itu petakan Ketiga yang tidak mengunakan apapun, dengan pengambilan umbinan, yaitu jumlah15 batang per rumpun,antar baris16x15 rumpun, berat timbangan hanya 4 kg.

Kemudian Koordinator PPL Balai Penyuluhan Pertanian Kecamtan Blangkejeren Pardian Isbihi SP yang diwakili oleh Nujum SP menjelaskan, “Dari hasil panen tersebut dapat disimpulkan padi yang mengunakan pupuk cair Bios 44 lebih ungul  dari pada padi yag mengunakan pupuk kimia biasa” Sebut Nujum SP.

Tambah Beliau, sebagai PPL dirinya akan mensosialisasikan tentang budidaya tanaman padi menggunakan Pupuk cair Bios 44, khususnya di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues.(Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed