oleh

Petani Gayo Lues Mengunjungi Perusahaan Tembaku

Para petani di lokasi Perusahan temabaku Kaban Jahe

KARO RADARNEWS- Pesrta study banding petani tembakau dari Gayo Lues berkunjung ke lokasi pengolahan daun tembakau milik PT Mitra Tata Usaha Bersama tepatnya di Kaban Jahe Kabupaten Karo, Kamis (12/12).

Pada kesempatan itu, para petani Gayo Lues dapat melihat langsung proses pengolahan daun tembakau tersebut sebelum dikirim ke pambrik untuk dijadikan bahan baku rokok.

Mereka diberi kesempatan wawancara langsung dengan para pekerja dan pihak perusahaan tentang pengolahan daun tembakau sebelum dikirim.

Setelah melihat proses pengolahan hasil panen tembakau yang dikumpulkan dari petani di daerah tersebut, di wilayah asal peserta studi banding khususnya Gayo Lues sangat berpotensi bagi petani tembakau untuk menjual daun.

Saat ini di Provinsi Aceh, Gayo Lues termasuk kabupaten yang memiliki Kebun tembakau terluas, jadi bila petani nantinya hanya menjual daun tembakau tanpa harus dirajang terlebih dahulu diperkirakan petani akan memperoleh keuntungan yang maksimal.

Bila sistem agribisnis tembakau Gayo Lues kedepan sudah lebih baik, dengan sendirinya ekonomi masyarakat akan meningkat, khususnya para petani yang bergelut dalam budidaya tembaku.(Syukri).

 

 

News Feed