oleh

Personel Koramil Rikit Gaib Terus Mencari dan Memadamkan Titik Karhutla di Kawasan Hutan Pinus

GAYO LUES RADARNEWS- Personil Koramil 02/RG Dim 0113/Galus yang dibantu masyarakat dan pihak dari PT.Kencana berjumlah puluhan orang melakukan pencarian dan pemadaman titik Karhutla di pegunungan desa Lukup Baru Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues, Sabtu (6/3/21).

Disampaikan Danramil Rikit Gaib Letda Inf Junaidi dalam kurluh ini Personilnya terus mencari dan memadamkan titik api di kawasan hutan Pinus di pegunungan Desa Lukup Baru Kecamatan Rikit Gaib dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan berjalan kaki ke atas pegunungan.

“Diduga Karhutla tersebut diakibatkan oleh adanya warga masyarakat yang berburu ke hutan dengan membuang puntung rokok secara sembarangan sehingga membakar hutan di areal tersebut, dikarenakan saat ini di wilayah Kabupaten Gayo Lues memasuki musim kemarau sehingga api cepat menjalar”ucapa Danramil.

Dengan segala upaya, pada Pukul 16.50 WIB Personil pencari berhasil memadamkan titik – titik api yang ada di pegunungan tersebut dengan menggunakan alat seadanya seperti semprot gendong dan kayu.

Diperkirakan kebakaran dalam Karhutla tersebut mencapai seluas 2,5 ha hutan Pinus dan kerugian terhadap masyarakat nihil dikarenakan disekitar kebakaran tidak ada perkebunan warga.

Selai ini kata Danramil itu, Saat ini titik api yang berada di wilayah pegunungan Desa Lokop baru Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues juga telah dapat dipadamkan dengan mengunakan alat seadanya dengan bantuan dari pihak masyarakat dan pihak PT.Kebcana.

Terkait hal ini, pihaknya dan pihak terkait terus menghimbau kepada masyarakat setempat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok pada saat kegiatan ke hutan yang dapat menyebabkan kebakaran besar, karena pada saat ini di wilayah Kabupaten Gayo Lues telah lama tidak turun hujan.

 

News Feed