oleh

Personel Koramil /03 Blangkejeren Padamkan Api yang Melalap Kebun Warga

Danramil 03/ Blangkejeren Kapten Inf M. Saleh bersma Pemilihk lahan usai memadamkan api

GAYO LUES RADARNEWS- Bencana alam kebakaran terjadi dan melalap kebun serai wangi milik Zulkifli (40 Tahun) salah satu petani warga dusun panglime belas, desa Agusen Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, kebakaran ini terjadi pada Senin (14/6/21).

Setelah mengetahui informasi kebakaran tersebut, Danramil 03/Blangkejeren Kapten Inf M. Saleh bersama babinsa desa setempat dan sejumlah Personel Koramil lainnya langsung bergegas ke lokasi untuk melakukan pemadaman api.

Sesampainya di lokasi yang dituju, terlihat kobaran api masing menjulang tinggi. Dengan peralatan seadanya, personel Koramil 03/Blangkejeren dipimpin langsung Kapten M. Saleh langsung melakukan tindakan.

Selain Danramil, dengan dibantu sejumlah Warga desa, yang ikut memadamkan kobaran api tersebut yaitu, Bati Tuud Koramil 03/Bkj Serma Budi Kusuma, Babinsa Agusen Sertu Abdiansyah, Serka Sukino, Serda Pipit Sandra, dan juga Kepala Desa Agusen Ramadan.

Beruntung Personil TNI itu cepat tiba di lokasi. Sebelum api menjelar ke lahan perkebunan warga lainnya kebakaran dengan cepat bisa dipadamkan. Diperkirakan kabakaran ini hanya menghanguskan 0, 5 hektare saja.

Setelah dilakukan Pemadaman dan dipastikan api tidak lagi menjalar, personel koramil Blangkejeren itu menyelidiki kepada pemilik lahan tentang sebab terjadinya kebakan itu.

“Setelah diselidiki, kebakaran ini terjadi akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab diduga dengan sengaja membakar lahan warga yang sudah ditanam serai wangi”, ucap Danramil M . Saleh.

Kapten Inf M. Saleh berharap untuk kedepanya agar para warga di Kecamatan Blangkejeren tidak terkecuali warga desa Agusen agar jangan membakar lahan dan hutan di lokasi tempat bermukim ataupun dekata lokasi pertanian.

” Selama ini kita sudah sering memberikan sosialisasi tentang bahaya membakar lahan dan hutan, namun masih ada saja tangan jahil dengan sengaja melakukannya. Kita berharap kedepan masyarakat akan semakin sadar akan hal ini” cetusnya.

Kepada warga setempat Kapten Saleh menghimabu agar tidak membakar lahan walaupun untuk keperluan usaha tani. Himabauan ini juga disampaikannya kepada Kepala Desa Agusen Ramadan untuk memberikan pemahaman kepada warga lainnya.

 

 

News Feed