oleh

Pernak Pernik Pelengkap Baju Adat Wanita di Gayo Lues

Para anak gadis di desa rema baru, pada saat acara bejamu saman di desa tersebut

GAYO LUES RADAR NEWS– Negara kesatuan Ropoblik Indonesia memiliki beragam suka, hal itu merupakan salah satu kebanggaan bagi Negeri kepulauan ini, setiap suku memiliki pakaian adat yang berbeda. di Provinsi Aceh, kabupaten Gayo Lues cukup terkenal dengan Pakaian adat bermotif kerawangnya.

Baju adat kerawang Gayo terbagi menjadi dua jenis. Baju adat untuk peria disebut baju kantong, sedangkan baju wanita diberi naman baju Lukup.

Pakaian adat ini biasanya dipakai pada acara tertentu, seperti acara Saman bagi peria, bines bagi wanita, (Saman dan bines tarian khas suku Gayo), serta acara pernikahan dan lain sebagainya.

Khusus baju adat yang dikenakan oleh wanita (baju Lukup) belum lengkap tanpa pernak pernik yang biasa dipakai ketika acara paglaran tari bines.

Pernak pernik yang digunakan untuk pelengkap pakaian adat wanita tersebut terbagi beberapa jenis, diantaranya :

1. Sempol
Sempol dipakai di bagian kepala, untuk memperindah sanggul seorang wanita, sempol ini merupakan sanggul buatan

2. Lunu
Lunu ini terbuat dari besi kecil, ditancanpkan ke sempol untuk melengketkanya sanggul buatan tersebut ke sanggul asli.

3. Jampuk
Jampuk hampir sama pungsinya dengan Lunu, selain itu, jampuk juga digunakan untuk memperindah sanggul, letaknya jug di kepala

4. Jernge
Jernge sejenis manik-manik yang dililit ke jampuk, tujuanya juga untuk menghiasi bagian kepala si wanita yang berpakaian adat tersebut

5. Arnet
Arnet digunakan untuk menutupi bagian kepala dan menyatukan sanggul asli dan sanggul buatan.

6. Belgong
Belgung dipakai di leher, dibuat dari sejenis benang

7. Kupang
Kupang juga dipakai di leher, kupang menyerupai kalung. Aslinya benda tersebut terbuat dari perak, hanya saja saat ini sudah banyak dibuat dari bahan dasar aluminium dan nikel

8. Genit Rante
Genit Rante sejenis tali pinggang, dirancang sedemikian untuk memperindah penampilan yang dipadukan dengan kerawang, genit rante ini juga dulunya dibuat barbahan dasar dari perak, namun saat ini banyak yang di buat dari nikel dan aluminium.

9. Topong
Topong letaknya dilengan, menyerupai gelang, saat ini benda tersebut sudah sangat jarang dipakai.

Itulah beberapa jenis pernak-pernik yang di pakai para wanita di Kabupaten Gayo Lues untuk melengkapai baju adat mereka yaitu baju lukup. (Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed