oleh

Peringati Hardiknas, Said Sani Sampaikan Amanat Mendikbud

GAYO LUES RADAR NEWS-Upacara Peringatan hari pendidikan nasional tahun 2018 dengan Tema ” Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan ”  diselenggsrakan di Lapangan Stadion Seribu Bukit jalan. H. Zainal Abidin Kampung Bustanul Salam Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues rabu (02/05/18).

Sebagai inspektur upacara peringatan hari pendidikan nasional ini yaitu Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani.
Acara tersebut juga dihadiri oleh Kasdim 0113/GL mayor Inf Imam Sukoco S.Ag,  Sekda Kab Gayo Lues Thalib S.Sos,MAP, Anggota DPRK Gayo Lues.

Amanat Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang di bacakan oleh Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani di Hari Pendidikan Nasional itu, dirayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. agar nagara Indonesia menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global.

Segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tak lepas dari persinggungan dengan pendidikan Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera.

Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa.

Dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu. Perubahan terjadi begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya. Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup, cara kita bekerja, dan tentu saja, cara kita belajar.

Meramalkan masa depan menjadi semakin sulit karena ketidakpastian perubahan yang ada. Namun yang harus kita pastikan kepada anak-anak kita adalah bahwa kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya.

Salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya.

Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan lterasi, dan kompetensi

Karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral dan karakter kinerja dan Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang. Kita tak ingin anak- anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi ingkungan perubahan yang begitu cepat.

Literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan berikutnya. Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya

Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tuls dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan iterasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budayaTerakhir dan tak kalah penting (ek)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed