oleh

Pengulu Agusen Salurkan BLT Dari Dana Desa

Poto bersama selepas pembagian BLT

GAYO LUES RADARNEWS- Pengulu desa Agusen Ramadan, salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada ratusan masyarakatnya. Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan Camat Blangkejeren Ena Malikussaleh di kantor pengulu Agusen, Selasa (19/5).

Disampaikan Ramadan, penerima BLT ini merupakan masyarakat yang terdampak covid-19 dengan kata gori belum pernah menerima bantuan pemerintah, seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) atau sembako.

“Selain itu, kami juga memberikan BLT ini kepada masyarakat yang hilang mata pencahariannya akibat terdampak corona, serta masyarakat yang sudah sakit menahun”, kata Ramadan.

Sebelum menyalaurkan BLT, Pemerintahan desa sudah melakukan seleksi terlebih dahulu tentang data calon penerima bantuan, supaya tidak terjadi tumpang tindah dengan bantuan lain.

“Total penerima BLT dari dana desa sebanyak 106 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah Rp 600 ribu”, sebut Ramadan.

Pengulu desa Agusen berharap setelah disalurkan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup, apa lagi dalam waktu dekat masyarakat Agusen akan menyambut hari Raya Aidil Fitri, tentu keperluan masayarakat juga lebih banyak dari hari biasanya.

Camat Blangkejeren, Ena Malikussaleh serahkan bantuan secara simbolis kepada salah satu warga Agusen

Terkait hal ini, Camat Blangkejeren Ena Malikussaleh mengafresiasi upaya yang dilakaukan oleh Pungulu Agusen telah melaksanakan intruksi Kementrian Desa (Kemendes) mengalihkan Dana desa untuk BLT.

” Pihak kecamatan mengafresiasi tentang upaya yang dilakaukan Kades Agusen dalam hal menyahuti surat edaran Kemendes tentang pengalihan dana desa untuk masyarakat terdampak covid-19″, sebut Camat.

Camat menjelaskan, dalam menentukan penerima BLT tersebut tidaklah mudah, sebab harus melalui beberapa kali seleksi supaya penerimanya tidak merangkap.

Menurutnya, walaupun penyaluran bantuan dari dana desa ini agak sedikait terlambat, wajar saja sebab dalam melakukan pendataannya juga memamag rumit, terlebih pemerintah desa juga harus menunggu regulasi Kemdes tentang aturan penerima bantaun.

Sejauh ini berdasarkan penjelasan camat, baru beberapa desa yang sudah meyalurkan BLT salah satunya Desa Agusen.

Kepada Masyarakat penerima bantuan, Camat juga memberikan edukasi dan pemahaman tetang pencegahan covid-19 yang penularannya sudah sampai ke Kabupaten Gayo Lues.

 

 

 

 

 

 

 

News Feed