oleh

Pengendalian Hama Pada Tanaman Jagung Di Rema Baru 

GAYO LUES RADARNEWS– Organisme Pengganggu Tanaman, (OPT)/ Hama acap kali meresahkan petani, sebab bila tanaman sudah terserang oleh hewan ini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Hama yang sering menyerang tanaman beragam jenisnya, misalnya seperti wereng, tikus, ulat tanah, lalat buah, walang sangit, ulat Gerayak dan masih banyak lagi jenis hama lainnya yang bisa dijumpai.

Di Desa rema baru, Kecamatan Kutapanjang, tanaman jagung di hamparan salah satu kelompok Tani terserang hama Ulat Gerayak jenis baru (Spidoptera frugiperda), hama ini menyerang tanaman yang masih berumur di bawah 45 Hari setelah tanam.

Setelah petugas Lapangan (PPL dan Petugas PHP) melaporakan tentang ganguan hama ini ke dians pertanian Gayo Lues. Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) dari Kabupaten dan Provinsi Aceh langsung turun ke lokasi, melakukan Gerakan Pengendalian (Gerdal).

Sejumlah anggota kelompok tani, bersama para petugas itu mengendalikan hama dengan cara melakukan penyemprotan Pestisida pada tanaman jagung yang terserang.

Disampaiakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues Jakaria S.Hut. MP, melalui Kordinator PHP kabuapten Gayo Lues Abdullah Cut SP, pengendalain hama jenis Gaerayak ini harus dilakuan secara serentak, supaya hama tidak berpindah tempat ke lahan petani yang lain.

“Sebaiknya penyemprotan dilakukan secara serentak, supaya larpa tidak berpindah ke lahan yang lain” katanya.

Hama jenis ini sangat rentan menyerang tanaman jagung yang masih berumur dibawah 45 Hari Setelah Tanam (HST). Malah di tempat lain Kata Abdulluah Cut, hama tersebut sudah menyerang tongkol jagung.

Musim tanam berikutnya upaya yang perlu dilakukan untuk meminimalisir serangan ini, petani perlu melakukan tanam serentak, pengemdalian secara serentak, serta melakukan perguliran tanaman.(Syukri).

 

 

News Feed