oleh

Penandatanganan MoU Kerjasama Pinjam Pakai Antara Pemkab Gayo Lues Dengan PT.Telkomsel

BLANGKEJEREN RADARNEWS– Sekda Gayo Lues,H.Thalib,S.Sos. Menandatangani MoU Kerjasama Pinjam Pakai Antara Pemkab Gayo Lues dengan PT.Telkomsel. Acara tersebut bertempat di Ofroom Setdakab Gayo Lues, Pada Senin (30/09/2019).

Sekretaris Daerah Gayo Lues, H.Thalib,S.Sos. Menyampaikan bahwa, “Mengenai komunikasi sangatlah penting bagi Daerah Kabupaten Gayo Lues. Jaringan telekomunikasi di Wilayah Pining selalu jadi pemikiran kami. Setiap kami berkunjung masyarakat selalu meminta agar dapat diaktifkan jaringan telekomunikasi atau selular.

Selain itu masih banyak wilayah yang belum mendapatkan jaringan telekomunikasi. Seperti wilayah Kampung Akul, Tingkem, Pantan Cuaca dan di titik wilayah perbatasan.” Kata Sekda.

Pihak PT. Telkomsel menyampaikan bahwa, “Dalam rencananya wilayah Pining akan kita perluas jaringannya. Namun perangkat yang dipasang masih berupa GSM dengan memanfaatkan jaringan satelit.

“Namun selanjutnya kita akan lakukan uji coba untuk jaringan 4G. Secara fisik bangunan tower memang sudah ada, namun beberapa jaringan mendapatkan kendala mengenai fasilitas umum kami banyak yang dicuri dan ada juga yang terkendala dengan tenaga listriknya. Untuk itu kami berharap agar ada perhatian pemerintah dan Masyarakat Gayo Lues dalam menjaga alat alat dan dan fasilitas umum Telkom tersebut. Dari hasil kajian pembangunan tower Telkomsel kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak perhubungan provinsi. Tentunya dengan perhitungan area jalur runway pesawat. Dan apabila ketika jalur runway pesawat diperluas kami juga siap menandatangani surat pembongkaran tower tersebut. Jadi jika ada tower yang mengganggu jalur runway pesawat tower akan kita pindahkan ke wilayah yang tepat. Mengingat Gayo Lues memiliki kondisi alam yang pegunungan jadi kami agak sedikit sulit mencapai jaringan yang sangat bagus, namun kami masih bisa berusaha dengan berbagai cara. Sehingga kedepannya kami dapat menghidupkan jaringan Telkomsel secara merata. Dan dengan aadanya MoU ini dapat memudahkan kami dalam menentukan wilayah yang tepat dalam pembangunan Tower dan jaringan telekomunikasi.”

Plt. Kadis Infokom Said Idris Wintareza melaporkan bahwa, “Pihak Kominfo sudah memantau saat ini kita sudah emiliki 26 bangunan tower, dan melakukan pengecekan terhadap beberapa tower yang non aktif sehingga kami berharap semua tower ini dapat aktif dengan baik.

Ada 8 spot yang kami data yang memang belum mendapatkan jaringan diantaranya, daerah Tongra, skuelen, remukut, pantan cuaca, ramung, gajah dan marpunge. Kedepannya dengan MoU ini kiranya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Gayo Lues dalam bidang Komunikasi.” Kata Said.

Tampak hadir dalam acara tersebut.Sekda Gayo Lues H.Thalib,S.Sos. Para Asisten. Para Staf Ahli Bupati. Plt.Kadis Infokom, Said Idris Wintareza. Para Pihak PT.Telkomsel. Para Kepala SKPK. Dan Para Undangan (Rel).

News Feed