oleh

Pemkab Gayo Lues Ikut Memperingati Hari Bela Negara

GAYO LUES RADARNEWS- Hari Bela Negara (HBN) diperingati setiap 19 Desember. Sejarah Hari Bela Negara bersumber dari deklarasi Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dibentuk pada 19 Desember 1948 oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat.

Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara, hari ini Pemerintah Kabupaten Gayo Lues mengikuti hari bela negara dengan upacara secara video virtual bertempat di ruang rapat Bupati Gayo Lues.

Acara tersebut bertema,” Semangat Bela Negara Wujutkan SDM Tangguh dan Unggul”.

Definisi bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Tampak dalam acara tersebut, Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru, Wabup H. Said Sani, Kapolres AKBP Charlie Syahputra.,Dandim 0113 Letkol Inf Yudhi Hendro Prastyo.,Sekda H. Ir. Rasyidin., Kepala Kesbangpol Juanda SH.,Kadis Kominfo Said Idris Wintareza.

Amanat Menhan Prabowo Subianto “Hari Bela Negara ditetapkan setiap 19 Desember melalui Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006 yang bermula dari pernyataan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia pada 1948. Saat itu eksistensi Republik Indonesia terancam karena Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta ditangkap Belanda sehingga pemerintahan lumpuh.

Pada saat Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta tidak bisa menjalankan pemerintahan itu, Sjafruddin Prawiranegara beserta tokoh-tokoh lain kemudian segera membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia pada 19 Desember 1948 di Sumatera Barat.

Dengan ini hari Bela negara 2020 diharapkan Dapat membawa seluruh lapisan masyarakat untuk membela Negara.

Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru yang berhasil di temui menuturkan, hari ini kita mengikuti acara Bela Negara secara Virtual yang diselenggarakan langsung oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Sesuai dengan Tema peringatan Hari Bela Negara Ke-72 tahun 2020,yaitu ” Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul”.

“Mari kita menanamkan sikap dan perilaku yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 demi kelangsungan hidup bangsa dan Negara yang seutuhnya” tuturnya

Tambahnya, Kesadaran bela negara bisa kita implementasi dengan berbagai cara diantaranya berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negar.

“Kedaulatan negara merupakan tanggung jawab kita bersama mari kita jaga keutuhan NKRI dari ancam pihak lain”tutup Bupati Amru

News Feed