oleh

Panen Padi Di Lahan Percontohan BPP Blangjerango Menggunakan Combine Hervester

GAYO LUES RADARNEWS– Lahan percontohan (Denfarm) tanaman padi milik Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Blangjerango dibawah naungan Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues sudah memasuki masa panen. Pemanenan yang dilakukan menggunakan mesin yang disebut (Conbine Hervester), Selasa (14/01).

Panen padi percontohan seluas 1 hekatar tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian kabupaten Gayo Lues Jakaria S.Hut. Mp dalam hal ini diwakili Kabid Penyuluhan Idar.SP.

Panen mengunakan mesin tidak hanya dilakuakan di lahan BPP saja, namun tidak jarang para petani sekitar juga sudah melakukan pemanenan padi mengunakan mesin, sebab lahan di sejumlah lokasi di Kecamatan tersebut cukup efektip memanen padi mengunakan mesin.

Keuntungan menggunakan mesin panen adalah lebih efisien dan biaya panen per hektar dapat lebih rendah dibanding cara tradisional. Penggunaan combine harvester bisa dioperasikan hanya 1-2 orang, tentu sangat membantu petani, karena waktu pemangkasan lebih cepat dan menghemat jumlah tenaga kerja.

 

 

News Feed