oleh

Pacuan Kuda Hut Gayo Lues Akan Diselenggarakan Setiap Tahun

Pacuan kuda trqdisional Gayo Lues

GAYO LUES RADARNEWS – Meskipun tidak seramai pacuan kuda pada Efen HUT RI tetapi pacuan kuda pada Hut Gayo Lues lumayan ramai pengunjung.

Pacuan kuda pada event Hut Gayo Lues yang pertama kali ini diselenggarakan dianggap sukses artinya tradisi pacuan kuda tradisional ini masih melekat di hati masyarakat

Event Hut Gayo Lues yang pertama ini sengaja panitia mengutamakan kuda-kuda lokal sebagai ajang ujicoba bila dianggap layak pada Efen Gayo Lues selanjutnya pordasi Gayo Lues akan mengundang kuda kuda pacu dari daerah lainnya.

Sekda Gayo Lues H. Thalib mengatakan masyarakat Gayo Lues masih antusias untuk menyaksikan pacuan kuda tradisional ini pacuan kuda tradisional ini masih melekat di hati masyarakat agar lebih Semarak pada pacuan kuda Gayo Lues ke depan panitia akan mengundang kuda pacu dari daerah lain.

Ibrahim salah satu peserta pacuan kuda dari Bustanussalam Kecamatan Blangkejeren yang sudah malang-melintang mengikuti event pacuan kuda tradisional di dataran tinggi gayo mengatakan ((15/03/2020) pacuan kuda di Gayo biasanya hanya satu kali dalam setahun, diselenggarakan pada Hut RI saja, begitu juga di Bener Meriah pada Hut Kabupaten saja yang dua kali setahun dilaksanakan hanya di Takengon pada HUT RI dan Hut Kabupatennya, sebutnya.

Dengan adanya Even Hut Gayo Lues maka di Gayo Lues juga sudah dua kali diselenggarakan dalam setahun. Diharapkan ini setiap tahun dilaksanakan selain itu juga berharap untuk memudahkan para peserta menyiapkan kuda-kuda pastinya pada even pacuan kuda yang kerap diselenggarakan di kabupaten Gayo Lues pemerintah diharap bisa membangun kandang kuda di sekitaran Stasdion pacuan kuda Bantul Nege, jelasnya.

News Feed