oleh

Musim Kemarau, Kebun Sere Wangi di Desa Bener Terbakar

Lokasi terjadinya kebakaran, Desa Bener. Kutapanjang/ Dok Syukri

GAYO LUES RADAR NEWS-Semenjak Kabupaten Gayo Lues dilanda kemarau, sangat rentan terjadinya bencana alam seperti kebakaran di berbagai kawasan termasuk lahan pertanian. Di Wilayah administerasi Desa Bener Kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues, Kebun sere wangi milik para petani dilalap si jago merah.

Menurut keterangan saksi mata, Aman Dewi (50) warga Desa Rema baru kecamatan Kutapanjang menjelaskan, kebakaran itu terjadi Selasa 25 juli 2018 sekira pukul 15 wib. Diduga kebakaran terjadi karena adanya oknum masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan dilokasi setempat kemudian memicu terjadinya kebakaran.

Kebun yang terkena bencana ini merupakan milik sejumlah warga bener dan warga Desa Rema baru. “Tidak diketahui dengan jelas penyebab terjadinya kebakaran, diyakini diareal perkebunan ada yang membuang puntung rokok sembarangan”. katanya

Pada saat peristiwa ini terjadi, salah satu Masyarakat Desa Rema baru langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran, dan beberapa mobil pemadam diterjunkan ke lokasi. Tetapi sangat disayangkan kata aman Dewi, mobil pemadam datang setelah api hampir padam.

 ” Api menjalar dengan begitu cepat karena saat ini musim kemarau, sehingga mobil pemadam tidak sempat memadamkan api yang melalap beberapa hektar kebun sere wangi para petani” jelasnya

Terlambatnya mobil pemadam tersebut sampai kelokasi disebapkan karena jarak tempuh dari kantor pemadam kelokasi kebakaran terbilang cukup jauh dan api pun menjalar begitu cepat.

Warga ini berpendapat, selayaknya pemerintah daerah menyediakan mobil pemadam kebakaran di setiap kecapatan minimal satu unit, untuk mengatasi hal separti ini.

Diperkirakan lahan yang sempat terbakar mencapai luasan sekitar 5 (lima) hektar lebih kurang, Kerugian ditaksir mencapai Puluhan hingga ratusan juta rupiah. (Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed