oleh

Masyarakat Ekan Mendapat Penyuluhan Hukum Program TMMD

Penyuluhan hukum di desa sasaran TMMD materi disampaikan Kapolsek Pining

GAYO LUES RADARNEWS– Satgas TMMD regional ke-107 memberikan penyuluhan hukum kepada warga desa sasaran TMMD yang saat ini sedang berlangsung di desa Ekan Kecamatan Pining kabupaten Gayo Lues, Selasa (24/3).

Sebagai pemateri penyuluhan melibatkan pihak kepolisian yakni Kapolsek Pining IPDA Masjidul Hak dan Pasiter kodim 0113/ Gayo Lues Kapten Inf Budiman sitinjak.

Pada kesempatan ini Kapolsek Pining mengatakan bahwa di kabupaten Gayo Lues secara umum yang sangat meperihatinkan masalah kebakaran hutun, banyak warga yang belum sadar terhadap dampak buruk dari membakar hutan.

“Sebenarnya tindakan yang dilakukan membersihan lahan dengan cara dibakar itu melanggar undang-undang, jika itu masih dilakukan maka bersiap-siaplah berhadapan dengan penegak hukum” kata Kapolsek

Dia berharap setelah masyarakat ekan mendapat penyuluhan supaya jangan lagi membuka lahan dengan cara membakar, sebab hal ini akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, maupun ekosisem yang ada.

Disisi lain, Kapolsek juga menyinggung masalah penyebaran virus corona (Covid-19) yang saat ini menjadi pembahasan di setiap belahan dunia. Kepada Audiens Kapolsek memberikan pemahaman tentang makluman yang sudah disebarkan oleh Kapolri, mengenai larangan yang harus dihindari selama masa darurat wabah Corona.

“Dan perlu diketahui bahwa saat ini sudah ada larangan bagi masyarakat untuk tidak lagi melakukan perkumpulan atau mengadakan acara, kecuali dengan terpaksa” kata kapolsek.

Jika larangan itu tidak diindahkan juga imbuhnya, tentuk akan dihadapkan dengan persoalan hukum.

Selanjutnya, Pasiter kodim 0113 / Gayo Lues kapten inf Budiman sitinjak menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan penyuluhan hukum ini agar masyarakat dapat mengerti akan peraturan yang berlaku di negeri ini

“Di wilayah sasaran TMMD khususnya di Kecamatan Pining bisa dikatakan sangat rawan terjadi pembakaran lahan, karena hutan disini masih bayak dan berpotensi untuk dijadikan sebagai lokasi perkebunan warga” katanya.

Budiman sitinjak berharab setelah penyulihan ini berlalu pembakaran hutan di desa ekan dapat terminimalisir.

Dihimbaunya, untuk mencegah penyebaran virus corona masyarakat perlu menjaga kebersihan dan selalu menjaga jarak. Untuk sementara warga juga dilarangan berkumpul lebih dari 30 orang.

“Apabila ini dilanggar maka pihak berwajib akan mengambil tindakan” ucapnya.

Pasiter kodim 0113/ Gayo Lues itu berharab semoga masyarakat ekan dapat mengerti dengan situasi yang sedang dihadapi sekarang ini.

News Feed