oleh

Mantan dan Pj Kepala Desa Pasir Gala Dilaporkan ke Inspektorat

-Berita, Headline, Hukum-40425 views

Kutacane,Radarnews.com| Syah Putra mantan kepala desa dan Safaruddin, Pj Kepala Desa Pasir Gala di laporkan Masyarakatnya ke Inspektorat Aceh Tenggara tanggal 28 Febuari 2021, terkait Kegiatan dana desa anggaran tahun 2020, dengan Nomor Surat:01/DS-PJ/VII/2021.

Menurut keterangan dari pelapor M.Ali.Sopian.SE, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Badan Permusyawarahan Kute (BPK) menjelaskan adanya dugaan penyalah gunaan dana desa tahun anggaran 2020 yang di lakukan oleh Syah Putra, mantan kepala desa sebesar 40 Persen, sedangkan yang di kelola Sapruddin, pj kepala desa sebesar 60 Persen.

Setiap anggaran dana desa harus di minta Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) sementara sampai saat ini Syah Putra ,Mantan Kepala Desa dan Saparuddin, Pj Kepala Desa Pasir Gala Kecamatan Lawe Bulan belum ada Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ ) tersebut.

Bahkan mereka tidak pernah mencantumkan anggara 40 persen dan 60 persen itu di pampang dalam APBDes ke masyarakat, oleh karena itu Badan Permusyawarahan Kute (BPK)  Desa Pasir Gala Kecamatan Lawe Bulan, dalam hal ini menduga Anggara tahun 2020 tersebut Fiktif.jelasnya.

Harapan masyarakat Kepada Bupati Aceh Tenggara agar secepatnya mengaudit anggaran dana desa pasir gala tahun 2020, melalui APIP inspektorat, katanya

Ditempat terpisah Muhammad Ashar, Irban Umum Inspektorat Aceh Tenggara, saat di komfirmasi Radarnews.com, Kamis (04-03-2021) di ruangannya membenarkan, ada nya laporan Masyarakat desa pasir gala yang di dampingi ketua Badan permusyawarahan Kute (BPK).

Pihaknya menunggu disposisi dari pimpinan, “karena surat tersebut di tujukan ke Bupati maka dari itu kita menunggu disposisikan ke mana surat tersebut,” ujarnya

Lanjut, setelah disposisikan surat laporan masyarakat tersebut, kita akan melakukan verifikasi Komfirmasi, setelah ada hasil dari Verifikasi baru kita akan melakukan pemeriksaan.

Dalam melakunan verifikasi kita sesuai MOU kesepakatan antara APIP dan APH, dimana ada pasal yang menyebutkan laporan harus di lengkapi dengan identitas pelapor dengan jelas dan data pendukung dari pada isi Laporan tersebut,Pungkasnya (Yuda)

News Feed