oleh

M.Hasam, SP. Boyong Laskar Pegasing Studi Banding

TAKENGON RADARNEWS– “Tengah Teger Tubuh Perahi Reta, Tengah Terang Mata perahi Ilmu”, demikian sebuah pepatah gayo yang sering didengar, yang bermakna Ketika tubuh Masih Kuat carilah harta, ketika mata masih terang carilah ilmu. Filosofi ini benar-benar dipahami oleh M. Hasan selaku Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Sangat Penting dalam mewujudkan cita-cita mulia : Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045. Inovasi teknologi di bidang pertanian saat ini terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari perbenihan, teknologi budidaya bahkan hingga paska panen.

Maka dari itu tuntutan untuk menambah serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para penyuluh pertanian sangatlah penting sebagai bekal para penyuluh ketika memberikan bimbingan dan pengajaran kepada para petani agar mencapai hasil yang memuaskan. Oleh sebab itu M.Hasan, SP. Memboyong seluruh Penyuluh Pertanian, Mantri Tani, dan Petugas POPT studi banding dengan swadana mereka.

Studi tersebut diikuti sebanyak 19 petugas penyuluh pertanian. Dikoordinatori oleh (KJF) Kelompok Jabatan Fungsional Wien Arika, SP. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 7-10 September 2020. Kepala BPP Pegasing M.Hasan, SP, Mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapat baik secara teknis maupun empiris yang selanjutnya dijadikan barometer dan pembanding serta menemukan pembahuruan yang aplikatif, baik untuk perencanaan ke depan dalam jangka pendek ataupun jangka panjang secara fururistik.

Adapun lokasi studi banding sebagaimana dilaporkan Kepala BPP Kecamatan Pegasing, M.Hasan, SP. Diantaranya ke Dinas Pertanian Aceh Jaya, Tentang Penyemaiaan Bibit Padi menggunakan tray, BPP Indrapuri Tentang Teknik Bididaya tanaman Padi IP 300 dan ke UPTD Balai Benih Holtikultura dan Tanaman Pangan Aceh di kabupaten Pidie.

Dengan mengunakan armada bus Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, 20 orang PPL rombongan LASPEGAS (Laskar Pegasing) bertolak ke Beberapa Kabupaten di Provinsi Aceh untuk menimba pengalaman terkait Penyuluhan pertanian. Studi banding ala LASPEGAS dengan dana swadaya ini diapresiasi oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah dengan harapan hal-hal positif yang didapatkan dapat dikembangkan di Dataran Tinggi Tanoh Gayo. (Riega/Kasma)

 

 

News Feed