oleh

Kompetisi Bines Berakhir

Para penari Bines

GAYO LUES RADARNEWS- Kompetisi tari bines yang diselenggrakan selama dua hari oleh Dinas Pariwisata di Bale musara kota Blangkejeren dalam rangka Festival Budaya Saman Platform INDONESIANA tahun 2019 diikuti 17 grup sudah berakhir. Acara tersebut ditutup oleh Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru pada Minggu (06/10).

Dalam kompetisi ini, Juara satu diraih Sanggar SMA l Rikit Gaib dari kecamatan Rikit Gaib, piala dan hadiah langsung di serahkan oleh Bupati Gayo Lues, Juara dua sanggar Dilodari asal Rikit Dekat piala dan hadiah diserahkan oleh Sekda H.Thalib, dan juara tiga Sanggar Keleton Senye dari Blangsere, Piala dan hadiah di serahkan oleh Asisten ll M. Nuh, untuk Juara Harapan satu Sanggar Gele Berbunge dari desa Gele di serahkan oleh kepala dinas pariwisata H. Zaenal Abidin.

Sebelum penyerahan Piala Kepala Dinas Pariwisata H. Zaenal Abidin dalam sambutannya, meminta setiap desa yang ada di Kabupaten Gayo Lues agar menyisihkan dana desa untuk kegiatan tari Bines. Selain itu, ia menyebutkan, Dinas Pariwisata mewacanakan pemenang kompetisi tari Bines akan dibina menjadi sanggar Bines Pemda kabupaten Gayo Lues.

Selanjutnya, Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru berharap kepada Dinas Pariwisata kedepannya untuk terus menggali bibit bibit penari Bines, agar tari Bines ini dapat dikenalkan ke daerah lain bahkan ketingkat internasional.

 

 

News Feed