oleh

“Kecapi” Sudah Mulai Langka dan Tak Lagi Mempesona

Sumber gambar fecebook

GAYO LUES RADAR NEWS-alah satu alat musik milik suku Gayo yang disebut “Kecapi” sudah hampir tidak ada lagi keberadaanya di tengah-tengah masyarakat kabupaten Gayo Lues.

Pada tahun sembilan puluhan alat musik kecapi masih mudah ditemukan didaerah yang dijuluki negeri seribu bukit ini, terutama di pedesaan, karena masyarakat pada masa itu masih mengunakan Kecapi sebagai pelipur lara jikala senja sudah menghampiri.

Jenis alat musik yang satu ini memang tergolong sederhana, bahan yang digunakan untuk pembuatanya berbahan dasar dari seruas bambu berdiameter belasan cm. Proses pembuatanya tidak rumit, tidak butuh hitungan jam mengerjakanya bagi yang sudah ahli.

Bagi generasi zaman now mungkin sebutan untuk benda kecapi terdengar hal asing, pasalnya alat musik tersebut sudah jarang dan hampir tidak lagi ditemukan. Nyaris tenggelam ditelan zaman, diakibatkan semakin kurangnya keinginan masyarakat untuk melestarikan kebudayaan alat musik tradisional ini.

Dahulu kala Kecapi biasanya dimainkan oleh ibu-ibu dan para anak gadis pada sore atau malam hari ditempat tertentu ketika itu, kendati demikian bukan berarti kaum peria tidak pernah dan tidak bisa memainkanya,

Suara kecapi di era modern ini tak lagi terlintas ditelinga, namun telah digantikan oleh suara bising alat musik made in luaran sana yang secara perlahan sudah beradaptasi ditengah-tengah kaula muda masa kini. Pesona kecapi sudah kalah dengan sejumlah alat musik modern.

Tidaklah salah mengikuti perkembangan zaman, namun alat musik milik suku sendiri kiranya perlu dilestarikan walaupun sesederhana Kecapi, karena ini merupakan karya para pendahulu.

Memang suara kecapi tidak sebanding dengan merdunya suara musik di zaman kekinian, namun menurut penulis setidaknya alat musik kecapi ini perlu dilestarikan, sehingga generasi kegenerasi bisa selalu mengenal tentang seni dan budaya didaerahnya sendiri. (Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed