oleh

Kecamatan Blangpegayon Gelar Musrembang Seluruh Kampung

GAYO LUES RADARNEWS- Kecamatan Blangpegayon gelar Musrenbang tingkat kampung Penyusunan RKP Tahun 2021, yang dibuka sekaligus dipimpin langsung oleh Camat Blangpegayon Wahidin Porang Jum’at (01/1/20).

Selain Wahidin Porang, acara turut dihadiri Kasi PMK, Kasi Pemerintahan, kasi Trantib, kasi Umum dan Kasubag Keuangan, serta beberapa staf dan pendamping Kampung, pendamping lokal.

Sementara itu, Musyawarah Perencanaan Pembangunan, juga mnghadirkan berbagai komponen dan Kelompok Masyarakat Kampung diantaranya Ketua orang Tue, Pendamping Desa, Pegawe, Babinsa/Babinkamtibmas Desa, dan Tokoh masyarakat, tokoh adat, serta tokoh pemuda.

Disampaikan Wahidin, dari 12 (dua belas ) kampung yang ada di kecamatan Blangpegayon hanya satu kampung lagi yg belum melaksanakan musrembang yaitu kampung Kong, hal ini disebabkan karena masih butuh persiapan dan koordinasi dengan rim work.

“Kampung-Kampung menggelar Musrenbang Kampung sejak beberapa hari terakhir dan berakhir pada ( 31 Desember 2020) Di Kampung Kutebukit. Musrenbang Kampung ini dilaksanakan sesuai  jadwal yang di sepakati oleh Tim Kecamatan Blangpegayon dengan tim Perangkat Kampung bertempat dimeunasah atau gedung serbsa guna di masing-masing Kampung”, katanya.

Pada kesempatan ini Camat juga membahas rencana kegiatan di tahun 2021 dan yang akan menjadi prioritas, serta evaluasi kegiatan di Tahun 2020 yang sudah dan belum terlaksana. Keterbukaan dan transparansi, akuntabkel, efisien dan Profesional dalam pelaksanaan program pemerintah Kampung , menjadi hal yang wajib demi terwujudnya Kampung yang maju dan sejahtera.

Dijelaskan, musrembang ini diharapkan bisa menetukan atau mengusulkan apa yang menjadi usulan sekala Prioritas pembangunan, memilih dan menetapkan delegasi Kampung untuk mengikuti Musrenbang Kecamatan Tahun 2021 pada bulan Pebruari, Musrenbang kampung ini tentunya diawali dengan musyawarah masing_masing Dusun, dan yang prioritas akan diupayakan dengan sistem perangkingan sebelum Musrenbang Kecamatan.

“Kami minta untuk mengemas kegiatan Musrenbangkam ini untuk lebih bermanfaat, mengedepankan Sekala Prioritas Pembangunan secara demokrasi, menyepakati RKP Kampung 2021 usulan Perioritas sekala Kampung, membuat data usulan yang nantinya diusulkan di MusrenbangCam bulan Pembruari 2021”.Ucap Camat Blangpegayon.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, dimasa Pandemi Covid19, sudah pasti banyak kegiatan pembangunan yang tertunda. Dimana Dana Desa masih di peruntukan untuk BLT, bantuan langsung tunai terhadap masyarakat yang terdampak Covid19.

“Maka untuk menyeimbangi pembangunan Desa yang menjadi sekala kewenangan Kabupaten, agar di data dan diusulkan melalui Musrenbangcam sesuai bidangnya”, Imbuhnya.

Disisi lain, Camat berpesan dimasa pandemi Covid19 Pemerintahan Kampung masing_masing kampung agar tidak henti-hentinya memberikan edukasi kepada warga, agar selalu mengikuti Protokol Kesehatan.

News Feed