oleh

Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa Dilimpahkan Ke Kajari Gayo Lues

GAYO LUES RADARNEWS– Berkas perkara tersangka kasus dugaan korupsi dana desa Blangkuncir, telah dilimpahkan Unit Tipikor Polres Gayo Lues ke Kejari setempat hari ini, Selasa (26/11/2019).

Tersangka tunggal penyalahgunaan dana desa tahun 2016 desa Blangkuncir AL (47) kepala desa, hari ini juga dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Gayo Lues bertempat di ruangan Tindak Pidana Korupsi kejaksaan Negeri Gayo Lues.

Kepala kejaksaan Negeri Gayo Lues Bobbi Sandri,SH,MH melalui kasipidsus Rajeskana,SH kepada media ini menyampaikan, bahwa berdasarkan hasil penyelidikan Polisi AL terindikasi melakukan penyalahgunaan ADD di Desa Blangkuncir sebesar Rp 240 juta lebih, dan dugaan telah berupaya memperkaya diri sendiri dan melakukan penyalahgunaan wewenang.

Atas perbuatannya, kata Rajeskana,SH Bahwa AL dijerat dengan UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Pasal 2 dan atau Pasal 3 Jo. Pasal 9 dengan ancaman hukuman penjara sekurang-kurangnya 4 tahun dan setinggi-tingginya 20 tahun, serta denda minimal 200 juta dan maksimal 1 miliar.

Untuk diketahui, dugaan korupsi Dana Desa Blangkuncir sebanyak Rp 240 juta lebih. Uang tersebut diduga ditilep oleh Kepala Desa Blangkuncir berinisial AL.

Kasus ini terungkap berawal dari laporan masyarakat desa Blangkuncir dan Berdasarkan hasil audit BPKP bahwa Dana Desa tahun anggaran 2016 dengan kerugian negara sekitar 240 juta lebih.

Ditambahkan lagi oleh kasipidsus Rajeskana,SH setelah pelimpahan ini maka pihak kejaksaan Negeri Gayo Lues akan menahan AL selama 20 hari kedepan setelah kita lakukan pemeriksaan terhadap tersangka dan kita lakukan pemeriksaan kesehatan juga tegas kasipidsus, dan setelah penahanan ini akan segera kita limpahkan ke pengadilan Tipikor Banda Aceh.

AL selaku tersangka kasus dugaan korupsi dana desa Blangkuncir ini didampingi oleh Penasehat hukum Maripatua Purba,SH mengatakan bahwa kliennya akan bersikap kooperatif dan siap untuk menghadapi persidangan kedepannya.(Red)

 

News Feed