oleh

Pemda Dukung Sosialisasi Peningkatan Pembaharuan Antar Suku Dalam Kehidupan

GAYO LUES RADAR NEWS-Pelaksanaan sosialisasi Peningkatan Pembaharuan antar Suku Bangsa Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Melalui Pendidikan Karakter dan Budaya Daerah dengan tema ” Dengan Semangat Pembauran Kebangsaan Kita Jaga Keutuhan NKRI ” yang dilaksanakan oleh badan KESBANGPOL Kabupaten Gayo Lues di Aula Hotel Nusa Indah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan peserta diantaranya tampak hadir diantaranya :
Asisten III Kabupaen Gayo Lues Ir Bambang Waluyo,Asisten I Ardansyah, Kaban Kesbangpol Syamsudin SH MH. Kasat Binmas Polres Gayo Lues Iptu Martinus,Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Gayo Lues Ir Ibrahim. Para perwakilan tokoh Agama dan paguyuban daerah di Kabupaten Gayo Lues.

Pada kesempatan ini Bupati menyampaikan dalam Sambutan yang diwakili oleh Asisten I Ardansyah, Spd M.AP bahwa Konflik kepentingan yang berbasiskan etnis telah menjadi kenyataan yang terus menerus terjadi dan rawan terjadi di tengah masyarskat. Oleh karena itu, peran perting tiap individu tokoh masyarakat, masyarakat Sipil, TNI/POLRI adalah penegak pendorong dan penjaga keharmonisan maupun kedamaian yang terus di jaga dalam interaksi masyarakat.

“Masyarakat Gayo Lues adalah masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, yakni Gayo, Aceh. Batak, Padang dan Alas.
Masyarakat yang heterogen ini menunjukkan bahwa keberagaman suku adalah suatu anugerah dan modal pembangunan daerah yang berbasiskan semangat keragaman suku” katanya

Adapun suku Gayo adalah masyarakat homogen yang mayoritas kedudukannya dalam interaksi masyarakat maupun suku Aceh, Batak, Padang dan Alas sebagai masyarakat minoritas mempunyai hak dan tanggungjawab yang sama dalam pembangunan segala aspek sektor pemerintahan maupun sektor swasta.

Berkaitan persoalan tersebut adalah hukum menjadi pondasi utama dalam menegakkan berbagai konflik kepentingan baik secara
adat maupun secara standing legalitas.

Serta asas musyawarah dan mufakat merupakan landasan salah-satu dalam menyelesaikan suatu persoalan dalam interaksi masyarakat.
Toleransi kehidupan beragama dan bersuku dalam interaksi masyarakat merupakan kualitas persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga keuutuhan dalam menghadapi tantangan jaman yang terus berubah dan berkembang.

Tanpa adanya toleransi ini, maka masyarakat dalam tiap kelompok yang tersehar di berbagai desa sangat rentan terjadi gesekan kepetingan dan terjadinya kontflik

“Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Gayo Lues mendukung dan menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini dengan
harapan dapat menciptakan dan merayakan keberagaman adat-istiadat dalam bentuk berbagai kegiatan seni dan budaya sebagai simbol merawat dan menjaga perbedaan berhagai suku yang ada di Kabupaten Gayo Lues Serta menghindari intimidasi dan provokasi yang datangnya dari luar.” ucapnya (NSB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed