oleh

Jumlah Zakat Fitrah dan Fidiyah Untuk Masyarakat Gayo Lues Sudah Ditetapkan

GAYO LUES RADARNEWS– Zakat Fitrah merupakan jenis zakat yang wajib dikeluarkan setiap individu sesuai syarat yang sudah ditetapkan. Zakat sendiri telah menjadi salah satu bagian dari rukun islam, oleh sebab itu bagi umat muslim diwajibkan membayar zakat, terutama zakat fitrah.

Sesuai keputusan bersama antara kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Dinas Syariat Islam dan Kepala Majlis Permusawaratan Ulama Kabupaten Gayo Lues, tentang penetapan Zakat Fitrah dan Fidiyah, Tahun 1440H/2019 untuk wilayah Kabupaten tersebut ada beberapa tingkatan.

Jumlah zakat fitrah per jiwa yang harus dibayar yaitu 10 kaleng susu (10 muk, red Gayo) apa bila pembayaranya dengan beras, namun apa bila memgunakan uang maka jumlahnya,
1. Kualitas beras kelas satu Rp 35.000
2. Kualitas beras kelas dua Rp 32.000
3. Kualitas beras kelas tiga Rp 30.000
4. Kualitas beras kelas empat Rp 25.000
Pembayaran Zakat Fitrah ini sesuai kemampuan masing-masing.

Sementara besarnya Fidiyah yang harus dibayar per orang Rp 25.000 sebanding dengan tiga atau empat liter beras dan termasuk lauk pauknya.

Penetapan Zakat Fitrah dan Fidiyah ini sesuai hasil penelitian para pihak berwenang yang langsung mengecek harga sesuai kualitas beras di pajak Blangkejeren pada 16 Ramadhan 1440 H atau tanggal 21 Mai 2019 (Syukri).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed