oleh

Jaksa Datangi SMA Negeri 1 Abdya, Ada Apa?

-Abdya, Berita, Headline-402.695 views
Jaksa Sholahuddin Sitongan saat memimpin upacara bendera di SMAN 1 Abdya.

Abdya RADARNEWS- Hari ini, Senin (1/10/2018) terlihat ada hal yang kurang biasa di SMAN I Aceh Barat Daya (Abdya), dimana saat itu, terlihat seorang jaksa sedang memimpin upacara bendera. Jaksa itu, terlihat didampingi sejumlah pengawas dan kepala SMA dan SMK dalam kawasan tersebut.

“Penampakan” jaksa yang diketahui bernama Sholahuddin Sitongan, SH, Kasi Ideologi Politik Kejari Aceh. Jaksa tersebut ternyata memang diwajibkan datang ke sekolah untuk menjalankan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Dijumpai disela-sela kegiatan, Sholahuddin Sitongan menyebutkan, program itu digelar untuk menumbuhkembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus.

“Tujuan dari program ini untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya di kalangan pelajar,” aku Sholahuddin Sitongan.

Di samping fungsi penegakan hukum, terangnya, kejari juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum. “JMS ini merupakan program pemerintah yang harus diterapkan secara intensif,” singkat Sholahuddin Sitongan.

Pelaksana Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Kabupaten Abdya, Edi Safawi S.Hum mengakui sangat mengapresiasi adanya program JMS tersebut.

“Dengan adanya JMS ini, kita harapkan para pelajar dapat memahaman hukum sejak dini dalam proses pembentukan karakter anak bangsa yang berbasis hukum,” sebut Edi.

Lebih tegas dikatakannya, dengan memahami dan menaati hukum, para generasi bangsa akan menjadi generasi yang berprestasi yang siap memimpin bangsa ini,” singkat Edi. (T. Musnizar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed