oleh

Gayo Lues Tuan Rumah “Duek Pakat” Forum Kakao Aceh

Para peserta duek pakat

GAYO LUES RADARNEWS- untuk terus berkontribusi peningkatan produksi dan kualitas kakao, Forum Kakao Aceh (FKA) terus melakukan sinergi dan konsolidasi dengan para pihak terkait. Salah satu upaya menggandeng para pihak tersebut adalah melalui kegiatan diskusi publik  “Duek Pakat”.

Kegiatan Duek Pakat ke- VII FKA bertema “Peran Pemuda Milenial untuk Meningkat Produksi dan Nilai Tambah Kakao” itu diselenggarakan di Desa Ramung Musara Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues, Rabu (16/19), melibatakan sekitar 300 peserta.

Acara juga dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues H. Said Sani, Setda Gayo Lues H. Thalib, S.Sos, MAP, Para Asisten I, II dan III Setda Gayo Lues, Staf Ahli Bupati Gayo Lues, Kepala Forum Kakao Aceh.Ir Teuku Iskandar ,M.S, Para SKPK Pemda Gayo Lues dan Kepala Distanbun Aceh A.Hanan SP, MP, juga ikut menjadi peserta Duek Pakat.

Kadis pertania Provinsi Aceh bersama Wabup Gayo Lues

Tak kalah penting perwakilan petani kakao dari berbagai kecamatan di Gayo Lues hingga Anggota Forum kakau se Aceh ikut bagian meramaikan acara yang berlangsung satu hari tersebut di desa Ramung Musara Kecamatan Putri Betung.

Meskipun FKA merupakan Lembaga non pemerintah, namun forum ini bisa menjembatani petani kakao dengan pemerintah maupaun dengan pihak laian. FKA juga berperan melakukan sosialisasi, koordinasi dan fasilitasi dengan berbagai stakeholders terkait untuk kemajuan petani kakao, peningkatan produksi dan kualitas kakao, sehingga pasar kakao Aceh dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Dinilai, komoditi kakao merupakan komoditi unggulan di Aceh, termasuk di Gayo Luas khususnya Kecamatan Putri Betung, tanaman yang satu ini mampu menopang perekonomian petani aceh, dengan demikaian peningkatana kualitas kakao dan produksinya harus ditingkatakan, salah satunya melaui FKA.

 

 

 

News Feed