oleh

DPMK Selenggarakan Pelatihan manajemen keuangan BUMKp

Gayo Lues Radar News-Dinas Perberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) laksanakan kegiatan Pelatihan Manajemen Keuangan Pengelolaan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKp). Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Musara Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Selasa.
Selain Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Gayo Lues H. Ilyas Canto acara ini juga turur di hadiri oleh Kabid Ekonomi dan TTG Gayo Lues Hidayatullah, S.Sos. serta Para Peserta Pelatihan Manajemen Keuangan Pengelolaan BUMKp.

Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani, dalam sambutanya mengatakan bahwa
Kesesuaian perencanaan itu penting, sehingga program yang dibangun Pemerintahan Kampung, bisa didukung Pemerintah Kabupaten.

“Jika konektivitas antara Pemerintahan Kampung dan Pemerintah Kabupaten baik, maka rakyat akan sejahtera. Oleh sebab itu, perencanaan kampung yang baik, membuat Pemerintah Daerah juga baik” katanya

sejalan dengan itu, sangat diperlukan data yang dimiliki kampung, juga diketahui Pemerintah Kabupaten, dalam artian, untuk memudahkan pemerintah mendukung pembangunan di kampung.

“Untuk itu diperlukan aparatur Pemerintahan Kampung yang profesional dan berkualitas. Makanya aparatur Pemerintah Kampung perlu mengikuti pelatihan dalam penerapan penyusunan RPJMK ini dengan serius” tambah Beliau

Beliau juga mengatakan bahwa Pelatihan ini bisa memberikan peningkatan pemahaman terkait urgensi RPJMK dan mekanisme penyusunan, sehingga bisa menyelaraskan seluruh perencanaan yang ada, seperti integrasi perencanaan setiap bidang pembangunan.

Said Sani meminta agara Pemerintahan Kampung yang ada di Kabupaten Gayo Lues dalam rangka untuk menyusun perencanaan pembangunan yang sejalan dengan visi misi Pemerintah Daerah.

Sementara itu Kadis Perberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Gayo Lues H. Ilyas Canto menyebutkan, Pelatihan manajemen keuangan BUMKp tahun 2018 ini, berdasarkan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, Undang-undang Nomor 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Jenis usaha BUMKp diantaranya, jasa keuangan Mikro (Simpan pinjam), jasa transportasi (Becak), peternakan (penggemukan sapi), pertanian (cabe dan jagung). Bahkan, jumlah BUMKp yang aktif sebanyak 136 Kampung dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Gayo Lues, terdiri dari Ketua dan Bendahara BUMKp.

“Untuk itu, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas BUMKp dalam memahami pengelolaan dana Unit Usaha BUMKp setiap tahunnya, kami sebagai panitia penyelenggara kegiatan ini, sangat berharap kepada seluruh peserta pelatihan, agar dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan serius, hingga acara pelatihan ini selesai, karena kegiatan ini hanya dilaksanakan satu hari” tutup Kapala DPMK.(Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed