oleh

Distan dan BNNK Galus Alihkan Tanaman Ganja Ke Komoditi Jagung 

BELANGKEJEREN,(RADARNEWS) – Dinas Pertanian dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues alihkan ganja ke komoditi tanaman jagung di daerah strategis lahan Ganja yang terdapat di Desa Pepelah,Desa Pintu Rime Kecamatan Pining,dan Desa Agusan Kecamatan Belangkejeren.

Untuk saat ini khusus di Desa Pepelah dan Desa Pintu Rime Kecamatan Pining ada sekitar 30 hektar lahan jagung yang sudah di sediakan oleh masyarakat setempat, untuk Desa Pepelah seluas 20 Hektar dan Desa Pintu rime 10 Hektar, yang mana semua lahan ini akan di tanam dengan jagung ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Jakaria, S.Hut. pada Selasa (20/08/2019) di ruang kerjanya sekira pukul 10:00 wib.

Untuk penanaman perdana sambungnya” Rencana pihak kita akan melakukan penanaman tersebut di mulai pada hari Kamis tgl 22 Agsutus mendatang dan pihak kita akan melibatkan langsung BNN Provinsi, BNN Kabupaten, Distan Aceh, Bupati Gayo Lues, Pemkab Gayo Lues serta elemen masyarakat setempat, dan dalam penanaman tersebut pihak kita akan memberikan bibit Bisi 18 serta pihak kita juga akan memberikakan pupuk serta jenis obat-obatanya kepada petani jagung”. jelas Jakaria

Kita berharap agar masyarakat yang selama ini sebagai petani ganja yang ada di Desa Pepelah, Desa Pintu Rime Kecamatan Pining,agar betul-betul beralih ke komoditi tanaman Jagung seperti yang akan kita wacanakan,dan semoga dengan adanya kegiatan ini semoga mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini,” harap Jakaria.

Kedepan pihak kita telah merencanakan untuk pembukaan lahan perkebunan jagung seluas 500 Hektar di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Gayo Lues, Hal tersebut berdasarkan hasil pertemuan kita dengan BNN Aceh yang mana kegiatan bertujuan untuk mengalih pungsikan dari lahan Ganja ke petani jagung nantinya, jadi kami berharap agar hal ini dapat terwujud sesuai dengan yang kita harapkan demi mencapai masyarakat Gayo Lues yang mandiri dan sejahtera, pintanya.(Muhammad Tujung).

News Feed