oleh

Dispora Akan Menciptakan Perubahan Untuk Generasi Sepak Bola di Gayo Lues

Kadispora Galus, Suprinadi SSTP. MA

GAYO LUES RADAR NEWS-Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) akan menggelar pertandingan sepak bola antar kampung dikabupaten tersebut untuk merebutkan piala Bupati Tahun 2018 dengan total hadiah Rp 61 juta rupiah.

Tujaun diadakanya pertandingan ini bukan semata hanya untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Repoblik Indonesia (Hut RI) yang ke-73 saja, namun melalui pertandingan ini diharapkan bisa membawa perubahan dibidang olah raga untuk Kabupaten Gayo Lues, khususnya sepak bola.

Sejauh ini, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kepala Dispora Gayo Lues Suprinadi SSTP MA, pada hari kamis 12 juli 2018, sudah 23 klub sepak bola yang mendaftarkan diri untuk mengikuti pertandingan.

“Kita sudah membuka pendaftaran dari tanggal 02 juli kemaren, dan tanggal 17 bulan ini juga sudah kita tutup pendaftarannya, alhamdulillah sudah ada 23 klub yang mendaftar” ujar Suprinadi di ruangan kerjanya, Kamis (12/07/18).

Pemerintah melalui Dispora akan menciptakan perubahan baru yang nantinya berpengaruh positif bagi Atlet olah raga sepak bola di Gayo Lues.

Menurut Suprinadi, pada tahun sebelumnya tidak ada tindak lanjut atau yang dihasilkan dalam program persepak bolaan di Gayo Lues setelah melakukan pertandingan, hal tersebut hanya berlalu begitu saja. Untuk itu, beliau berupaya melalui event ini agar bisa menghasilkan pemain berusia dini yang akan di buat Benk data khusus U 21 kebawah.

“Kita berharap pihak PSSI dan stakeholder lainya bisa memantau pemain-pemain di kabupaten Gayo Lues pada saat akan dibutuhkan berdadarkan data yang kita miliki” cetusnya.

Untuk meciptakan perubahan itu, Dispora juga memanfaatkan kewenangan tentang regulaai pertandingan, diantaranya setiap klub wajib memaikan 4 (empat) orang asli warga Gayo Lues U 21 kebawah.

“Antara kesebelasan pemain yang bertanding dilapangan 4 diantaranya harus Asli Gayo Lues dan usianya maksimal 21 tahun selebihnya bisa pemain luar” katanya

Kendati demikian, Mendatangkan pemain dari luar tidak wajib, hal itu tergantung klub Masing-masing, dan tidak juga ada larangan. Sementara ucap kepala Dispora itu, untuk aparat sendiri tim hanya boleh merekrut 1 (satu) orang saja, baik TNI ataupun Polri.

Namun apa bila klub sepak bola yang akan bertanding merebutkan piala bupati berencana menurunkan pemain luar, Kadispora berharap agar pemain dicari yang berkualitas, tujuanya supanya bisa memotivasi pemain-pemain muda di Gayo Lues

“Kalau tidak berkualitas tidak perlu kita datangkan pemain luar, karena event ini bukan semata untuk memeriahkan HUT RI saja, namun juga untuk mendorong dan memotivasi pemain bola yang berusia dini”katanya

Selanjutnya, perubahan lain yang sudah terencana, Dispora akan memberikan penghargaan kepada 11 pemain terbaik, mulai dari kiper dan streker terbaik, diantar 11 pemain terbaik tersebut akan dipilih 1 pemain terbaik lagi.

Bukan hanya itu, top scor dan pemain berbakat juga akan dihadiahi. selain pemain, wasit serta hakim garis tengah terbaik akan dinilai pada event ini.

“Hadiahnya cukup istimewa nanti dari Pak Bupati. Untuk Tim penilai masih kita rahasiakan” Kata Kadispora yang baru pindah Dari BKPSDM Gayo Lues itu.

Dikatakan suprinadi, dalam hal ini Dispora fokus terhadap pembinaan Pemain Usia dini, karena hal demikian termasuk salah satu langkah untuk mewujudkan Visi Misi Bupati dan wakil Bupati. (Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed