oleh

Bupati Tinjau Lahan Pengembangan Kopi

GAYO LUES RADARNEWS– Bupati Kabupaten Gayo Lues H. Muhammad Amru tinjau langsung lokasi pengembangan tanaman kopi Arabika di lahan kelompok tani Cinte, Desa Tampeng kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues, Sabtu (23/11/19).

Dari enam kecamatan yang menjadi lokasi pengembangan tanaman kopi wilayah kabupaten Gayo Lues, kutapanjang salah satu kecamatan termasuk potensial untuk pengembangan tanama kopi jenis Arabika, yang sudah diprogramkan Pemrintah Gayo Lues.

Dalam kunjungan ini, Bupati Amru mengucapkan rasa terimakasihnya kepada semua stekholder terkait atas partisipasinya dalam melaksanakan dan mengawal program pengembangan tanaman kopi di wilayah Gayo Lues.

Bupati berharap kepada Dinas Pertanian agar kedepan menyempurnakan data CPCL petani kopi yang sudah terdata pada SID penerima bantuan bibit kopi beserta sarana produksi laiannya, sebab data SID yang sudah ada mungkin masih kurang detail.

“Perlu penyempurnaan untuk data tersebut” kata Bupati Amru.

Disamping itu, diintruksikannya juga kepada PPL bila ada petani ingin menanam kopi meskipun datanya tidak ada pada SID, agar ditampung dan buat proposalnya, asalkan sudah siap tanam dan PPL bersangkutan wajib meninjau lokasi dan merekomendasikannya.

“Siapaun dia, dan di manapun dia jika betul-betul ingin menanam kopi akan kita berikan bibitnya” sebut Bupati Amru.

Bagi petani yang sudah menerima bibit, diharap Bupati agar serius menanam kopi tersebut, dan tidak boleh main-main. jika lahan belum siap tanam jagan dipaksakan, yang penting bibit jangan terbengkalai, walaupun demikian Petani agar terus berkoordinasi dengan PPL tentang budidayakan kopi ini.

Untuk bibit yang sudah diterima oleh petani sejauh ini tidak ada masalah yang cukup berarti, sebab bibit yang tidak layak sudah dikembalikan kepada pihak ke tiga (kontraktor).(Syukri)

 

News Feed