oleh

BPP Kutapanjang Panen Padi Jarwo Super

GAYO LUES RADARNEWS- Balai Penyulahan Pertanian (BPP) Kecamatan Kotapanjang Kabupaten Gayo Lues panen padi Demontrasi Farmer (Denfram) sistem tanam Jajar Legowo super (Legowo 2:1) dilahan kelompok tani desa tampeng kecamatan setempat, Kamis (08/8).

Panen padi tersebut dihadiri Kadis Pertanian Gayo Lues Jakaria S.Hut Mp diwakili Kabid Penyuluhan, Idar SP, selain itu turut hadir Mantri Tani dan Pengamat Organisme Penggangu Tumbuhan ( POPT) yang bertugas di Wilayah setempat.

Denfram padi sawah berlokasi di desa tampeng tersebut dengan pola tanam legowo dua banding satu (2:1) perlakuan budidanya berbeda dengan tanaman padi yang selama ini dibudidayakan oleh petani sekitar, hal itu sengaja dilakukan untuk mengambil perbandingan sehingga petani mau menerapkan pola tanam legowo 2:1.

Telah terbukti dengan pola tenam seperti ini dapat meningkatkan hasil panen padi petani, bila dibandingkan dengan pola tanam biasa (tegel), dengan demikian setelah adanya porcontohan tersebut diharapkan dapat menarik minat petani kecamatan kutapanjang binaan BPP.

Seperti yang dikatakan Kabid Penyuluhan Idar Sp, melalui percontohan ini Dia berharap suapaya petani yang lain juga dapat mencontoh sistem budidaya padi di desa tampeng binaan PPL dari BPP Kutapanjang.

“Kita harap petani sekitar juga mau menerapkan seperti yang sudah diterapkan oleh PPL kami” sebut Idar. SP

Ditambahkan, hal ini salah satu upaya pemerintah yaitu dinas pertanian untuk meningkatkan hasil pertanian dikabupaten Gayo Lues khususnya produksi padi.

“Apa bila produksi pertanian Masyarakat kita meningkat, otomatis penghasilannya juga akan bertambah, jadi dengan demikaian hal ini salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi Masyarakat Gayo Lues” sebut Idar.(Syukri).

News Feed