oleh

BPBA dan BPBD Gayo Lues Workshop Pembentukan Fasilitator Aman Bencana

GAYO LUESR RADARNEWS- Badan Pengawas Bencana Aceh bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gayo Lues laksanakan kegiatan Workshop Pembentukan Fasilitator Aman Bencana tingkat SLTA- Sederajat dengan mengusung tema Sekolah Madrasah Aman Bencana, di Aula Nusa Indah Blangkejeren, Kute Lintang, Jum’at (30/08/2019).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gayo Lues melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Hendra menyebutkan, menyikapi situasi kejadian bencana dan kenyataan luasnya cakupan wilayah Indonesia, khususnya Aceh yang memiliki berbagai ancaman dan frekuensi kejadian bencana yang meningkat, pemerintah Indonesia telah melakukan sejumlah inisiatif guna mengurangi risiko bencana.

Secara geografis, Kabupaten Gayo Lues merupakan daerah yang berada di lembah gunung Leuser, menjadikan daerah ini sering mengalami bencana longsor dan banjir bandang,” kami selaku kepala pelaksana BPBD Gayo Lues sangat menyetujui dan mendukung komitmen dari pemerintah Aceh terhadap pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Hendra melanjutkan, inovasi penanganan bencana perlu dilakukan, BPBA sudah melakukan hal ini dengan melibatkan sekolah sebagai sentra pendidikan untuk dilatih sebagai penggiat dan fasilitator. Ini suatu hal yang perlu diapresiasi. Siswa sekolah tidak lagi menjadi peserta didik semata, mereka harus dilibatkan dan dibekali ilmu kebencanaan agar penerapan sekolah aman dari bencana dapat terealisasi.

Hendra menerangkan, workshop yang dilaksanakan hari ini sebagai salah satu upaya melatih/membekali calon fasilitator agar memiliki kemampuan menyampaikan pengetahuan tentang kerangka kerja sekolah aman bencana dan menyebarluaskan informasi tentang penerapan sekolah aman bencana.

“Kami yakin, pada workshop ini BPBA menghadirkan para narasumber yang berkompeten, sehingga besar harapan kami agar para peserta workshop dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius. Kami juga berharap kepada BPBA agar kedepan kerja sama semacam ini perlu kita tingkatkan agar dapat menebar banyaka manfaat khususnya bagi kami yang berada di daerah rawan bencana,” tandasnya.

News Feed