oleh

Bibit Pisang Kultur Jaringan Sudah ada di Gayo Lues

Bibit pisang kultur jaringan

GAYO LUES RADAR NEWS-Kultur jaringan tanaman adalah teknik budidaya sel jaringan dan organ tanaman dalam suatu lingkungan yang terkendali atau bebas mikroorganisme.
Bibit pisang kultur jaringan adalah bibit yang dihasilkan melalui proses pembiakan jaringan pada media buatan dalam laboratorium.

Tujuan utama dari teknik kultur jaringan adalah untuk mendapatkan tanaman baru dalam jumlah banyak dalam waktu yang relative singkat, dan hasil bibit dari kultur jaringan ini mempunyai sifat fisiologi dan morfologi sama persis dengan tanaman induknya.

Kecepatan tumbuh bibit seragam dan saat berbuahnya lebih cepat, untuk tanaman pisang berkisar kurang lebih 9 bulan dengan panen yang kedua antara 5 – 6 bulan. Waktu panen serempak dan kemasakan buah seragam, sehingga lebih efisien dalam penanganannya,
Kesehatan bibit lebih terjamin.

Bibit Pisang yang diperbanyak dengan sistem kultur jaringan juga sudah ada di kabupaten Gayo Lues. bibit tanaman tersebut sudah mulai dipasarkan di daerah kecamatan dabun Gelang oleh sesorang pemuda atas nama Syahrijal.

Pemuda ini juga menjual beragam jenis bibit dan benih tanaman, seperti bibit cabe, tomat dan lain sebagainya. Lokasi budidaya adalah di samping SMP N. 1 Dabun Gelang, Desa Pangur. (Syukri).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed