oleh

Belasan Kilometer Sepanjang Tepi Sungai Krung Trife Akan Ditanami Bambu

GAYO LUES RADAR NEWS-Camat Rikit Gaib, Drs. Bunyamin pimpin rapat teknis acara kegiatan penghijauan penanaman bambu sepanjang 13 kilometer melintasi 13 desa, ditepi aliran sungai Krung Tripa, Kecamatan Rikit Gaib, di aula Camat setempat, Sabtu (21/07). Rapat tersebut dihadiri Muspika, Pengulu, Mahasiswa KKN, Mukim, dan kepala sekolah.

Camat Rikit Gaib menyebutkan, kegiatan penghijauan tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu 28 Juli mendatang, dan akan dihadiri Bupati Gayo Lues, dan peserta seluruh masyarakat Rikit Gaib,
Muspika, Aparat, Kepala desa, sekolah SMA, SMP, SD, MIN, MTsN, Polhut, Pustu, Mahasiswa KKN, Unsur Forkominda dan SKPK.

“Direncanakan Bupati akan langsung meninjau penanaman melalui perahu karet mulai dari desa Lukup Baru sampai desa Kuning, dan bibit bambu yang akan ditanami berasal dari swadaya seluruh peserta dan masyarakat Rikit Gaib,” ujarnya.

Camat menjelaskan kegiatan tersebut sengaja digagasnya karena selama ini sungai sepanjang 5 km yang melintasi seluruh desa di Kecamatan Rikit Gaib setiap tahun tergerus banjir. Setiap tahun lahan perasahan berkurang, karena pada musim penghujan sungai selalu berpindah-pindah. Diperkirakan setiap musim penghujan lahan persawahan masyarakat hilang satu dampai dua hektar. Situasi ini setiap tahun berlangsung.

“Untuk normalisasi hampir setiap tahun diusulkan melalui musrenbang kecamatan dan kabupaten, malah usulannya sudah sering dikirimkan kepada Pemerintah Aceh, namun tidak pernah mendapat tanggapan. Sebagai upaya terakhir saya mengajak masyarakat berinisiatif melakukan penanaman pohon bambu secara massal. Rencana tersebut disambut baik oleh seluruh penghulu dan tokoh masyarakat,” ujarnya (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed