oleh

Bank BNI Serahkan Kartu Tani Secara Simbolis Kepada Wakil Bupati Gayo Lues

Penyerahan secara simbolis kartu tani oleh pihak Bank BNI kepada Wabub Gayo Lues H. Said Sani

GAYO LUES RADARNEWS– Sebagai bentuk implementasi perlindungan dan pemberdayaan Petani, pemerintah pusat telah mengelurakan Kartu tani untuk disalurkan kepada Petani se Indonesia.

Dengan kartu ini, petani mendapat kepastian jaminan dan memudahkan akses mendapat pupuk bersubsidi dan bantuan pembiayan lain. Setaleh adanya kartu tersebut, nantinya para petani dapat menggunakannya dalam membeli pupuk bersubsidi maupun bantuan lainnya seperti keredit usaha.

Langkah ini dinilai efektif dalam menyalurkan pupuk subsidi secara tepat sasaran. Upaya yang dilakukan pemerintah merupakan salah satu cara mengatasi kelangkaan pupuk di masing-masing kabupaten kota.

Untuk Kabupen Gayo Lues, KartuTani tersebut juga sudah diserahkan pemerintah pusat melalui pihak Bank BNI Kota Cane Cabang Kota Langsa yang diserahkan secara simbolis oleh Fahri Umri kepada Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani, berlangsung di Aula Kantor Pertanian Gayo Lues, Kamis (07/1/21).

Selain Wabup Gayo Lues dan perwakilan Bank BNI, penyerahan kartu tani dihadiri Kadis pertanian Gayo Lues diwakili sekertarisnya Suardi SE, Kabid Penyuluah Idar. SP, Kabid PSP Munawir. SP, Kabidtanpan Saipul Azhari. SST, serta seluruh koordinator dan perwakilan PPL dari setiap kecamatan di Kabupaten Gayo Lues.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani menuturkan, setelah diterbitkanya kartu tani diharapkannya data base petani di masing-masing desa harus akurat supaya kartu tersebut bisa didapatkan oleh petani secara mereta.

Wabup menjelaskan, kedepanya kartu tani diyakini akan menjadi acuan dalam segala hal yang menyangkut bantuan bidang pertanian, untuk itu kepada semua pihak terkait baik petugas di dinas pertanian maupun pihak Bank BNI agar mambuat aplikasi yang akurat tentang data base petani.

Kepada petugas penyuluh lapangan (PPL) Wabub berharap supaya melakukan pendataan dan verifikasi data dengan akurat seprti NIK, luas lahan, komoditas dan jenis pupuk yang disubsidikan untuk dimasukan kedalam dalam sistem informasi pertanian.

Dengan dibagikanya kartu tani, Wabub juga berharap pupuk yang disubsidi pemerintah bisa dimanfaatkan secara efektif oleh para petani Kabupaten Gayo Lues secara Umum. (Syukri)

News Feed