oleh

Babinsa 02/Rikit Gaib Ajak Pemuda Beternak Bebek Petelur

-Berita, Headline-20131 views
Koptu Ranto, Babinsa Desa Kuning Kecamatan Rikit Gaib

GAYO LUES RADARNEWS- Koptu Ranto personil Koramil 02/Rikit Gaib Kodim 0113/Gayo Lues, yang saat ini bertugas sebagai Babinsa desa Kuning Kecamatan Rikit Gaib, mengajak para pemuda di desa binaannya untuk beternak bebek petelur.

Selain untuk menciptakan lapangan kerja, hal ini salah satu upaya TNI berpangkat Kopral itu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya para pemuda di wilayah binaannya desa Kuning kecamatan Rikit Gaib.

Dalam hal ini, para pemuda itu digabungkan dalam sebuah kelompok peternak yang dinamai kelompok pemuda produktif KUNING MAKMUR yang beranggotakan 5 pemuda, dan Koptu Ranto sebagai ketua kelompoknya.

Sementara untuk pembiayaan ternak ini masih menggunakan dana swadaya dari koramil. Kelompok pemuda produktif Kuning Makmur sudah berhasil dalam beternak bebek petelur dan menjadi satu satunya pemasok telor bebek di kecamatan Rikit Gaib.

Koptu Ranto menjelaskan dalam beternak bebek tentunya sangat penting diperhatikan yaitu dari perawatan, pemberian pakan yang rutin hingga Kebersihan kandang, supaya hasil dari peternakan maksimal.

“Sebenarnya beternak bebek merupakan sesuatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan juga pekerjaan yang harus ditekuni, dan berternak bebek petelur dapat meningkatkan ekonomi serta memberikan sumber protein yang cukup bagi keluarga bila mengkonsumsi telur yang cukup.

Babinsa ini berharap, agar kelompok binaanya itu bisa berkembang dan menjadi contoh bagi pemuda sekitar, sehingga muncul peternak-peternak baru di kecamatan Rikit Gaib, dengan demikin bisa mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan tenaga kerja.

 

 

 

News Feed