oleh

Atasi Genangan Air, Kodim Gayo Lues Canangkan Pembuatan Lubang Biopori

GAYO LUES RADARNEWS– Kodim 0113/Gayo Lues mencanangkan pembuatan lubang biopori untuk mengatasi terjadinya genangan air di wilayah Kabupaten Gayo Lues.

“Program ini, menindaklanjuti perintah Komando atas dimana musim penghujan yang terjadi beberapa minggu terakhir. Dalam kesempatan ini Komandan Kodim (Dandim) 0113/Gayo Lues Letkol Inf Yudhi Hendro Prasetyo memulai dengan membuat lobang biopori di Makodim setempat, Selasa (05/01/21).

Pembuatan lubang biopori ini dibuat bentuk silinder di lahan dengan ukuran diameter sekitar 10 centimeter dan kedalaman sekitar 80 hingga 100 centimeter.

Menurut Dandim, pembuatan lubang biopori bertujuan untuk memperluas bidang serapan air, penanganan dalam sampah-sampah organik seperti daun, dan untuk menjaga kesuburan tanah.

Dia mengatakan lubang biopori tersebut merupakan salah satu solusi untuk menangani banjir atau mengurangi genangan air, tetapi bukan untuk mencegah banjir.

“Pembuatan lubang biopori ini, salah satu contoh agar genangan air hujan dengan cepat dapat terserap kedalam tanah. Kami membuat lubang biopori di kawasan perkantoran makodim sebanyak 20 titik,” katanya.

Menurut dia, pihaknya akan membuat lubang biopori secara bertahap dengan melakukan survei di daerah yang dianggap rawan genangan air disemua Koramil jajaran.

“Kami juga akan menindaklanjuti jika ada laporan dari masyarakat yang membutuhkan pembuatan lubang biopori di lingkungannya melalui koramil-koramil,” tutupnya.

News Feed