oleh

ABTI Gayo Lues Mengadakan Rapat Perdana

Poto bersama calon Pengurus ABTI Gayo Lues di Bandara Patiambang

GAYO LUES RADARNEWS-Pemegang mandat Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Cabang Gayo Lues mengadakan rapat koordinasi perdana tentang kepengurusan ABTI masa jabatan 2019-2023. Rapat tersebut berlangsung di Aula Bandara Patiambang Blangtenggulun desa Penggalangan, Minggu (10/11).

Sebelum SK kepengurusan diterbitkan, dalam rapat ini juga dibahas tetang persiapan pelantikan kepengurusan ABTI Gayo Lues karena dalam waktu dekat susunan organisasi ini akan segera dilegalkan.

Disampaikan ketua ABTI Gayo Lues, Sukri Adi Benka, bahwa Bola Tangan ini termasuk cabang Olahraga yang masih asing bagi Masyarakat Gayo Lues, oleh sebab itu, secara bertahap pihaknya akan memperkenalkan tentang bola tangan ini, terutama kepada kalangan pelajar melalui Dinas Pendidikan.

“Bukan hanya setingkat Kabupaten Gayo Lues, untuk Provinsi Acehpun olahraga bola tangan ini belum pernah dipertandingkan, jadi kita berharap setelah dibentuknya ABTI di Gayo Lues, generasi muda dan masyarakat bisa mengenal Bola Tangan”, sebutnya.

Mengenai keberadaan ABTI di Negeri seribu bukat ini kata Sukri, pihaknya sudah dan akan terus berkordinasi dengan pihak terkait, seperti Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Gayo Lues, supaya suatu saat olahraga Bola tangan dapat dipertandingkan.

Sekilas Sukri Menjelaskan, Bola tangan adalah salah satu cabang olahraga bagian jenis bola besar beregu yang saling berlawanan satu sama lain, terdiri dari 14-16 pemain dalam satu tim dengan 7 pemain inti termasuk kiper dan sisanya adalah pemain cadangan.

“Sistem olahraga ini terlihat hampir mirip dengan sepak bola, namun terdapat banyak perbedaan antara kedua olahraga ini, yaitu bola tangan membawa dan mencetak gol dengan menggunakan tangan, sedangkan sepak bola menggunakan kaki serta jumlah pemainnyapun lebih sedikit dari sepak bola” tutup Sukri. (Syukri)

 

 

News Feed