oleh

290 Orang Pengelola Dana BUMKp Ikuti Pelatihan

Peserta pelatihan BUMKp

GAYO LUES RADARNEWS– 290 orang Pengelola dana Badan Usaha Milik Kampunng (BUMKp) ikuti pelatihan Peningkatkan kapasitas serta pengetahuan dan ketrampilan pengelolaan BUMKp. Pelatihan dilaksanakan oleh DPMK Gayo Lues berkejsa sama dengan Usaid Lestari di Gedung Balai pertemuan Tawar Dingin terminal Blangkejeren pada selasa 27/08/19.

Acara berlangsung selama 10 hari dengan Lima klaster diikuti setiap klasternya mulai dari 40 perserta sampai 60 perserta. Oleh 136 BUMK yang ada di kabupaten Gayo Lues.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Gayo Lues Jata SE.MM saat membuka acara tersebut mengatakan, acara digelar untuk meningkatkan kapasitas pengelolah BUMKp yang ada di kabupaten Gayo Lues, seklaigus mengenalkan keragaman usaha BUMK yang ramah lingkungan dan berdampak pada peningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kampung.

“ BUMKP di minta kreatif dalam membuat usaha-usaha di kampung, Sehingga dana desa yang di kucurkan ke BUMKp sebesar 30 persen atau sekira 300 juta sampai 500 juta bisa dikelolah dengan profesional, tidak hanya untuk simpan pinjam saja ,pinjamnya berjalan simpanya enggak jalan”. Sebut Jata

Diharapkan para pengurus dan pengelolah BUMKp dapat mengelolah dana BUMKp secara profesional dan akuntable sehingga usaha yang di miliki oleh BUMKp bisa berjalan dengan lancar. Agar BUMKp yang selama ini ada dapat di rasahkan keberadaanya oleh masyarakat kampun.

Kusdiono dari Usaid Lestari menyebutkan program ini merupakan bagian dari program pembangunan kapasitas pengelolah BUMKp untuk meningkatkan pengelolaan keuangan serta cara membangun bisnis yang strategis dan ramah lingkungan. Diharapkan dengan program pelatihan ini bisa mewujudkan BUMKp sebagai lembaga yang berfungsi meningkatkan ekonomi desa (Rel/yud)

News Feed