oleh

Teguran Caleg PNA Tidak Ditanggapi KIP Gayo Lues

GAYO LUES RADAR NESW– Caleg DPR Aceh Dapil 8 dari Partai Nanggroe Aceh (PNA) Azhari Lubis, sebelumnya melayangkan somasi (Teguran) kepada pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues, somasi yang dilakukan oleh Azhari Lubis terkait pasal 391 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017, dimana dalam pasal tersebut disebutkan : PPS wajib mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya dengan cara
menempelkan salinan tersebut di tempat umum.

Menurut Caleg DPRA dari PNA nomor urut 4 ini, pasca sehari pemungutan suara dilaksanakan, hingga pelaksanaan Rekapitulasi suara di Kecamatan, apa yang menjadi perintah pasal 391 itu sama sekali tidak terlihat.

“Kami sudah keliling ke berbagai kawasan desa perdesa untuk melihat, apakah salinan sertifikat hasil pemungutan suara tersebut telah ditempelkan, hasilnya sama sekali nihil, kami tidak melihatnya, setelah pelaksanaan rekapitulasi suara di kecamatan, ada beberapa titik sudah ditempelkan, sedangkan pasal 391 tidak ada menyebut ditingkat kecamatan atau PPK, tetapi disebutkan ditingkat PPS” Sebut Lubis

Selain menyampaikan secara langsung kepada pihak KIP Gayo Lues, somasi yang dilayangkan oleh Azhari Lubis ditembuskan ke Bawaslu Gayo Lues, Bawaslu Aceh, KIP Aceh, KPU RI dan DKPP. Namun disayangkan Teguran (Somasi) yang diajukan Azhari Lubis tidak ditanggapi oleh pihak KIP.

Alasan tidak ditanggapi somasi tersebut lantaran kepala surat dengan isi surat tidak singkron. Di kepala surat atas nama wartawa, sedangkan isi suratnya sebagai Caleg itulah alasan petama KIP untuk tidak menanggapi somasi yang diajukan Azhari Lubis.

Alasan kedua, tidak dijelaskan dimana lokasi yang dimaksut secara mendeteil namun hanya secara gelobal, hal ini disampaikan Ketua KIP Gayo Lues Said Abdulah SE, Selasa (07/05/19).

Kendati demikian KIP akan melihat perkembangan berikutnya, jika ada kesalahan pihaknya akan menindaklanjuti.
Menurut Said Abdullah, pihak PPS sudah melakukan pekerjaanya sesuai prosedur dan terdokumentasi.(Syukri).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed