oleh

Selain Serai Wangi, Kutapanjang Potensial Tanaman Jagung

GAYO LUES RADARNRWS-Dengan Ketinggian tempat rata-rata 1000 Meter Diatas Permukaan Laut (DPL) kecamatan kutapanjang termasuk penghasil minyak atsiri dari tanaman serai wangi. Saat ini luas tanaman perkebunan tersebut yang sedang dibudidayakan petani setempat mencapai ribuan hektar, jadi hal wajir bila penghasilan petani serai cukup memadai walaupun harga jual berkisar diantara RP 200.000 ribu saja per Kgnya.

Hampir disetiap desa, serai wangi mudah ditemukan di Kutapanjang, sebab wilayah ini salah satu penghasil terbesar minyak esensial dari tanaman dengan nama latin cimbopogon nardus L diantara kecamatan lain yang ada ni Negeri Berjuluk Seribu Bukit (Gayo Lues).

Kendati demikian, tidak hanya serai wangi, namun, masyarakat setempat sekarang sudah mulai menanami lahan yang kosong dengan tanaman jagung, sebab selain serai wangi kutapanjang termasuk berpotensi untuk tanaman jagung (Zea Mays). Selain mampu tumbuh dengan baik produksi jagung di kutapanjang cukup maksimal.

Produksi jagung per hektarnya bisa mencapai peluhan ton bahkan bisa lebih, hal itu sudah di alamai oleh sejumlah petani jagung di kecamatan setempat, namun dengan catatan harus menggunakan benih tertentu dan dilakukan dengan budidaya yang baik.

Keinginan petani bercocok tanam jagung, termotifasi lantaran sistem anggribisnis yang mendukung, sehingga disetiap bulir jagung menyimpan sejuta harapan bagi setiap pelaku budidaya (Petani Jagung).

Untuk memenuhi sarana produksi, sejumlah petani bekerja sama dengan pihak pengusaha, seperti yang dilakukan oleh petani jagung di desa Rema Baru Kecamatan setempat, untuk memenuhi kebutuhan benih dan pupuk misalnya, mereka bekerja sama dengan Usaha Dagang (UD) Kurnia, Saprodi dibayar seusai petani panen, dan disesuikan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Secara perlahan petani kutapanjang terus menambah luas tanam dari lahan kering hingga lahan sawah, terutama lahan sawah yang sulit mendapat pasokan air. Populasi tanaman ini semakin meningkat, karena sudah terbukti Jagung di kecamatan Kutapanjang juga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar.(Syukri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed